“True Grit" Salah Satu Karya Terbaik Coen Bersaudara

“True Grit" Salah Satu Karya Terbaik Coen Bersaudara
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Film "Tue Grit", yang mengisahkan tentang pembalasan seorang gadis atas kematian ayahnya, merupakan salah satu karya terbaik sutradara Coen bersaudara, Joel Coen dan Ethan Coen.

Film yang diangkat dari novel Charles Portis dan diadaptasi ke layar lebar pertama kali pada 1969 ini telah membawa John Wayne memenangi Aktor Terbaik Academy Award. "True Grit" kemudian diproduksi ulang pada 2010 dengan menggabungkan klasik modern, yang menuai pujian banyak pengamat sebagai film genre Western terbaik Coen bersaudara sejak "Unforgiven".

Dalam film ini, Coen bersaudara berperan sebagai sutradara, penulis, dan produser, sementara Steven Spielberg sebagai eksekutif produsernya.

Dalam sekuel baru 2010, "True Grit" dibintangi Jeff Bridges sebagai Reuben "Rooster" Cogburn, seorang ranger dari Marsekal AS, kemudian Hailee Steinfeld sebagai Mattie Ross, seorang gadis 14 tahun yang ingin membalas dendam terhadap pembunuh ayahnya.

Mattie Ross memulai perjalanan untuk memburu penjahat bernama Tom Chaney (Josh Brolin), seorang penjahat yang telah membunuh ayahnya. Chaney telah melarikan diri ke wilayah Indian, wilayah tanpa hukum di mana para pendukung setia percaya mereka bisa bersembunyi dari hukum.

Setelah dengan cerdik mendapatkan kembali uang ayahnya yang terhutang, Mattie dengan cepat menetapkan dirinya sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan meskipun masih muda.

Mattie kemudian menyewa Reuben "Rooster" Cogburn (Jeff Bridges), untuk membantunya memburu Chaney. Tetapi pria lain juga mengejar Chaney, seorang Texas Ranger yang bangga dengan kegemarannya membual bernama LaBoeuf (Matt Damon).

Rooster dan LaBoeuf kemudian bergabung untuk menemukan dan menangkap Chaney, dengan Mattie yang keras kepala membuktikan ketabahannya sendiri dengan jalan bersama mereka dalam perjalanan berbahaya.

Mengutip catatan oscar.org dikutip Minggu, "True Grit" juga masuk banyak nominasi dalam ajang penghargaan film Academy Award 2011.

Saat itu, Jeff Bridges masuk nominasi aktor pemeran utama terbaik, meskipun Colin Firth sebagai pemenangnya untuk film "The King's Speech", sementara Hailee Steinfeld masuk nominasi aktris pendukung terbaik.

Untuk kategori Art Direction, "True Grit" juga membawa desainer produksi Jess Gonchor dan desainer dekorasi latar Nancy Haigh masuk dalam nominasi. Demikian juga dalam sinematografi, Roger Deakins masuk nominasi, juga dalam desain kostum yang digawangi Mary Zophres.

Dalam penyutradaraan (Directing), "True Grit" membawa Joel Coen dan Ethan Coen masuk nominasi, namun sayang film ini hanya mengumpulkan banyak nominasi tanpa piala pada saat itu. Film yang juga pernah ditayangkan di Netflix ini juga dibintangi Jarlath Conroy, ELizabeth Marvel, Matt Damon, Berry Pepper, Paul Rae, Bruce Green, Josh Brolin, Dakin Matthews, dan Domhnall Gleeson. (antara)