Bogor Minta Bantuan Pemprov Rehab Infratruktur Bencana

Bogor Minta Bantuan Pemprov Rehab Infratruktur Bencana

INILAH, Bogor - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Bogor butuh anggaran sebesar Rp 180 miliar untuk merehabilitasi insfrastruktur di Kecamatan Sukajaya, Nanggung dan sekitarnya yang pada Rabu (1/1/2020) lalu mengalami bencana alam banjir bandang dan tanah longsor.

 

Karena melihat besarnya anggaran tersebut, maka DPU-PR maupun Pemkab Bogor akan meminta bantuan keuangan dari Pemprov Jawa Barat untuk memperbaiki 18 ruas jalan desa maupun kabupaten yanv mengalami kerusakan, lalu 80 jembatan mengalami rusak berat  dan 2 jembatan mengurangi rusak ringan.

 

"Kita ga kuat kalau hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tingkat II, hingga harus meminta Bankeu dari Pemprov Jawa Barat sesuai kebutuhan yaitu Rp 180 miliar untuk merehabilitasi jalan  dan jembatan di Kecamatan Sukajaya, Nanggung dan lainnya pada Tahun 2021 mendatang," ujar Kepala DPU-PR Kabupaten Bogor Raden Soebiantoro kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

 

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Aan Triana AlMuharrom meminta Pemkab Bogor tetap memprioritaskan rehabilitasi jalan dan jembatan dengan anggaran yang ada.

 

"Pelaksanaan proyek rehabilitasi jalan dan jembatan di Kecamatan Sukajaya, Nanggung dan lokasi bencana alam lainnya harus tetap dilakukan pada tahun ini dan jangan sampai menunggu Tahun 2021 karena sampai kapan masyarakat menikmati jalan maupun jembatan yang rusak maupun terputus," kata Aan.

 

Politisi Partai Golkar ini pun berharap anggaran Rp 99 miliar untuk penangganan bencana alam di Kecamatan Sukajaya, Cigudeg, Nanggung, Jasinga dan Pamijahan dimaksimalkan.

 

"Kalau jalan maupun jembatan mengalami kerusakan bahkan terputus maka begitu pula roda perekonomian masyarakat, hingga anggaran Rp 98 miliar yang sudah kita siapkan itu harus segera diserap semaksimal mungkin," harapnya.

 

Mengenai kekurangan anggaran, Aan menjelaskan bahwa Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bogor akan memperjuangkan ketersediaan anggaran rehabilitasi insfrastruktur tersebut.

 

"Sebentar lagi akan ada APBD-Perubahan, hingga saya akan komunikasikan dengan Tim Banggar DPRD Kabupaten Bogor untuk menyiapkan kekurangam anggaran  rehabilitasi insfrastruktur di Kecamatan Sukajaya, Nanggung dam lainnya," jelas Aan.

 

Sementara itu, Anggota Tim Banggar dan sekaligus Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Barat Asep Wahyuwijaya menunggu proposal usulan atau permohonan Bankeu dari Pemkab Bogor.

 

"Hingga saat ini saya belum diajak bicara namun siap memperjuangkan Bankeu dari Pemprov Jawa Barat untuk nantinya merehabilitasi insfrastruktur yang rusak akibat bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Sukajaya, Nanggung dan sekitarnya," ucap Asep.

 

Mantan aktivis Mahasiswa 98 ini pun setuju jika proyek rehabilitasi insfrastruktur ini masuk dalam skala prioritas Pemprov Jawa Barat, tetapi ia beranggapan hal itu juga harus diikuti oleh Pemkab Bogor. (Reza Zurifwan)