Bupati Copot Kadispora Garut Lantaran Tersandung Korupsi

Bupati Copot Kadispora Garut Lantaran Tersandung Korupsi
istimewa

INILAH, Garut-Bupati Garut Rudy Gunawan akhirnya resmi mencopot Kuswendi dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Garut dan menunjuk Toni Tisna Somantri (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Garut) selaku pelaksana teknis (PLT) Kadispora.

Kuswendi dicopot dari jabatan Kadispora menyusul penahanan yang bersangkutan oleh Kejaksaaan Negeri (Kejari) Garut karena tersaruk kasus dugaan korupsi pembangunan sport hall Sarana Olahraga (SOR) Ciateul tahun 2016.

Penunjukan Tisna Somantri sebagai PLT Kadispora ditegaskan Bupati Rudy dengan diserahkannya surat perintah saat pelaksanaan apel gabungan terbatas di halaman Setda Garut Jalan Pembangunan, Senin (20/7/2020). 

Dalam jabatannya selaku PLT Kadispora, Toni juga diberi kewenangan sebagai pejabat pengguna anggaran (PPA) di lingkup Dispora.

Rudy menyebutkan, penunjukkan Toni selaku PLT Kadispora itu dilakukan sesuai Peraturan Bupati Garut Nomor : 387 tahun 2012 tentang Pendelegasian Wewenang Bupati Bidang Lepegawaian kepada Para Pejabat di Lingkungan Pemkab Garut, dan Surat Edaran Kepala Kepegawaian Negara Nomor : 2 /SE/VII/2019 tentang Kewenangan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas dalam Aspek Kepegawaian.

"Saya berharap Pak Toni dapat segera melaksanakan tugas sampai ditetapkannya pejabat definitif atau pelaksana tugas yang lain," ujar Rudy.

Sebelumnya, Kuswendi sendiri ditahan Kejari Garut di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Garut Jalan Dewi Sartika Garut Kota pada 9 Juli 2020 sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi sport hall SOR Ciateul tahun 2016 senilai Rp6,7 miliar dengan kerugian negara sebesar Rp1 miliar.

Kuswendi dikenai pasal 2 Undang Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman 20 tahun pidana penjara.

Selain Kuswendi, mantan bawahannya yang memiliki nama hampir mirip yakni mantan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Yana Kuswandi juga ditahan dalam perkara yang sama.(zainulmukhtar)