Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Lanjutkan Bansos dan Padat Karya

Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Lanjutkan Bansos dan Padat Karya
Wakil Menteri BUMN I sekaligus Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin. (antara)

INILAH, Jakarta - Wakil Menteri BUMN I sekaligus Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Tim Pemulihan Ekonomi-Penanganan Covid-19 akan melanjutkan program bantuan sosial, padat karya dan program-program lainnya yang telah berjalan selama ini.

"Bapak Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Tim Erick Thohir juga menekankan bahwa program-program yang ada sekarang seperti bantuan sosial, padat karya, program-program yang menjaga pendapatan baik itu pekerja formal dan informal akan terus kita jalankan," kata Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa tim juga akan terus menggali ide bagaimana untuk terus meningkatkan pendapatan negara, sehingga bisa mendukung pembiayaan yang masih harus dilakukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Presiden memberikan arahan kepada Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi-Penanganan Covid-19 Bapak Erick Thohir yang kemudian diteruskan kepada kami, di mana salah satu tugas utama kami adalah memastikan bahwa kita bisa menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya.

Satgas Pemulihan Ekonomi akan menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan cara menjaga ketersediaan lapangan kerja serta menjaga kemampuan belanja dari seluruh masyarakat Indonesia. Satgas juga diminta untuk mengidentifikasi sektor-sektor mana yang pertumbuhan ekonomi paling terdampak Covid-19.

"Kita nanti akan berdiskusi dengan seluruh pemangku kepentingan baik itu swasta, pemerintah daerah, dan kementerian serta lembaga pemerintah lainnya untuk mendapatkan masukan bagaimana kita bisa membuat program-program untuk menjaga pertumbuhan ekonomi ini," kata Budi Gunadi Sadikin.

Selanjutnya Satgas akan menyusun program-program yang diprioritaskan untuk bisa menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Satgas Pemulihan Ekonomi merupakan salah satu dari dua satgas yang menjadi bagian dari Tim Pemulihan Ekonomi-Penanganan Covid-19, lainnya yakni Satgas Covid-19 tetap dipimpin oleh Kepala BNPB Doni Monardo.

Kedua Satgas tersebut digabungkan ke dalam Tim Pemulihan Ekonomi-Penanganan Covid-19 dengan Ketua Umum Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua Pelaksana Menteri BUMN Erick Thohir.

Tim Pemulihan Ekonomi-Penanganan Covid-19 ini terbentuk setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang di dalamnya mengatur pembentukan tim penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pada Senin (20/7). (antara)