Dokter: Saluran Pencernaan Pengaruhi Imunitas Tubuh

Dokter: Saluran Pencernaan Pengaruhi Imunitas Tubuh
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Bandung - Saluran pencernaan penting dalam menjaga imunitas tubuh karena sistem imun tubuh dipengaruhi oleh kesehatan saluran pencernaan, kata spesialis anak DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K).

"Saluran cerna ini sangat berkaitan dengan perkembangan sistem imun juga. Kenapa? Karena 60 sampai 70 persen sel imun berada di dalam saluran cerna," kata dokter yang berpraktik di RS Grha Kedoya itu dalam seminar digital yang diselenggarakan Nutriclub yang dipantau di Jakarta pada Senin.

Usus, kata dia, memiliki lipatan yang disebut jonjot yang berfungsi untuk memperluas permukaan penyerapan dan memiliki beberapa probiotik yang merupakan mikroogranisme hidup berupa bakteri yang sifatnya baik.

Keseimbangan yang diinginkan, kata dokter spesialis anak konsultan gastroenterologi itu, adalah bakteri baik yang menempati permukaan usus.

Dia menekankan pentingnya mikrobiota usus atau mikroorganisme yang hidup dalam saluran pencernaan itu karena membantu mencerna beberapa makanan, terutama serat yang tidak bisa diserap. Hasil pencernaan akan menghasilkan vitamin yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh seperti vitamin K dan B12.

Mikrobiota itu juga membantu mengatur metabolisme energi di dalam tubuh, menghasilkan zat-zat asam lemak rantai pendek yang membantu mengendalikan metabolisme dan bahkan mengurangi risiko alergi.

Bakteri itu juga melawan mikroorganisme patogen yang jahat. Dengan bakteri itu menempel di permukaan usus maka bakteri-bakteri jahat tidak memiliki kesempatan besar untuk menempel.

"Kemudian bakteri itu juga memberikannya sinyal untuk tumbuh kembang dan fungsi sistem imun," kata dia.

Karena itu nutrisi yang kurang baik akan berdampak kepada sistem imun dengan nutrisi yang dimakan tidak akan bisa dicerna oleh tubuh tanpa bantuan mikrobiota saluran pencernaan.

"Sehingga kita mesti memastikan bahwa saluran cerna kita sehat yaitu mikrobiota saluran cernanya seimbang dengan 80-85 persen bakteri baik di dalamnya sehingga sistem imun juga akan terbentuk dengan baik," kata dia dalam diskusi bertema Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal itu. (antara)