(Preview) Aston Villa vs Arsenal, Gunners on Fire!

(Preview) Aston Villa vs Arsenal, Gunners on Fire!
Ilustrasi/Net

TIM Gudang Peluru sedang menggila. Dua raksasa Liverpool dan Manchester City mereka bantai. Akankah pesta berlanjut di markas Aston Villa?

"Penting untuk tetap fokus. Tim ini luar biasa dan kami telah membuktikan di dua laga melawan tim terbaik di kompetisi ini. Kami bisa bersaing," ujar Manajer Mikel Arteta dilansir situs resmi klub.

Ya, Arteta memang bahagia melihat timnya mampu beranjak dari periode inkonsistensi. Hanya saja, dia tetap khawatir Arsenal tergelincir di laga-laga yang dianggap mudah untuk dimenangi.

Laga 'mudah' itu sudah di depan mata. Arsenal akan melawan tuan rumah Villa yang masih terjerembab di jurang degradasi. Di atas kertas, laga ini akan berlangsung berat sebelah.

Arsenal juga didukung rekor apik. Mereka selalu memenangi tujuh pertemuan terakhir melawan The Villans. Bahkan, Arsenal selalu mencetak setidaknya dua gol.

Tapi Arteta enggan jemawa. Dia meminta anak-asuhnya mengabaikan segala hitung-hitungan di atas kertas. Baginya, laga melawan tim yang sedang berjuang bertahan di kasta tertinggi akan selalu rumit.

"Mereka sedang berjuang dan itu poin terpenting. Mereka bisa saja lebih bersemangat ketimbang tim-tim yang berada di zona aman. Mereka berbahaya dan bisa tampil melebihi kapasitasnya," tegas Arteta.

Sementara itu Pelatih Aston Villa, Dean Smith mengakui memiliki beban berat jelang pertemuan melawan Arsenal.. Bagi Smith, sisa pertandingan musim ini seluruhnya sangat penting untuk terhindar dari zona degradasi.

Smith mengatakan tak pernah berpikir akan berjuang keluar dari zona degradasi. "Ini benar-benar waktu yang sulit," katanya.

Smith menyebut status sebagai tuan rumah sama sekali tak berpengaruh ketika menghadapi Arsenal. Dia menyebut absennya para pentonton telah berdampak hebat terhadap mental bertarung timnya.

"Kita perlu tekanan papan skor sekarang. Kita harus pergi dan mendapatkan beberapa poin,” ujarnya.

Smith menambahkan beberapa pemain pentingnya yang mengalami cedera menjadi masalah. Kendati demikian, ia optimis bisa keluar dari zona degradasi. Smith mengatakan memiliki pengalaman menghadapi situasi berbahaya ini.

"Tekanan tambahan yang saya miliki di sini adalah bahwa sebagian besar keluarga adalah penggemar Villa sehingga mereka mungkin menemukan tekanan lebih keras daripada saya,” pungkasnya. (bsf)

HEAD TO HEAD

22/09/19: Arsenal 3-2 Aston Villa

15/05/16: Arsenal 4-0 Aston Villa

13/12/16: Aston Villa 0-2 Arsenal

30/05/15: Arsenal 4-0 Aston Villa

01/02/15: Arsenal 5-0 Aston Villa

 

LIMA LAGA TERAKHIR ASTON VILLA

16/07/20: Everton 1-1 Aston Villa

12/07/20: Aston Villa 2-0 Palace

09/07/20: Aston Villa 0-3 Man United

05/07/20: Liverpool 2-0 Aston Villa

27/06/20: Aston Villa 0-1 Wolves

 

LIMA LAGA TERAKHIR ARSENAL

18/07/20: Arsenal 2-0 Man City

15/07/20: Arsenal 2-1 Liverpool

12/07/20: Tottenham 2-1 Arsenal

07/07/20: Arsenal 1-1 Leicester

04/07/20: Wolves 0-2 Arsenal

 

PRAKIRAAN PEMAIN

Aston Villa (4-3-3)

Reina (GK) Elmohamady, Konsa, Mings, Targett (B) Luiz, Hourihane McGinn (T) Trezeguet, samatta, Grealish (D)

Pelatih:

Arsenal (3-4-3)

Martinez (GK) Holding, Luiz, Kolasicac (B) Cedric, Torreira, Xhaka, Saka (T) Nelson, Nketiah, Pepe (D)

Pelatih: Mikel Arteta