PKS Pilih Sahrul Gunawan, Demokrat Keluar dari Koalisi?

PKS Pilih Sahrul Gunawan, Demokrat Keluar dari Koalisi?

INILAH, Soreang – Koalisi antara antara DPC Partai Demokrat dengan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bandung untuk Pilkada 2020 yang telah dijalin sejak jauh hari terancam bubar. Apa pasal?

Rencana PKS yang secara sepihak akan mengambil Sahrul Gunawan sebagai bakal calon wakil Bupati mendampingi Gun Gun Gunawan menjadi penyebabnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung, Endang mengatakan, proses penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati di partainya telah selesai. Tercatat ada delapan nama yang diajikan oleh DPC kepada DPP Partai Demokrat. Harapannya, siapapun yang nantinya diberikan rekomendasi oleh DPP dapat disandingkan dengan bakal calon bupati dari PKS yakni Gun Gun Gunawan.

“Kenapa sampai sekarang DPP tidak atau belum mengeluarkan rekomendasi? Karena dari semua hasil penjaringan yang kami lakukan, tidak ada satupun cocok atau chemistry dengan PKS. Malah PKS mengambil Sahrul Gunawan dari Partai Nasdem sebagai bakal calon  wakil bupatinya,” kata Endang, Selasa (21/7/2020).

Dikatakan Endang, keputusan PKS menjadikan Sahrul Gunawan sebagai bakal calon wakil bupati itu meski belum ditetapkan secara resmi, namun sudah diseutujui dalam rapat pimpinan PKS. Sehingga, sangat kecil peluang Partai Demokrat untuk menempatkan bakal calon hasil penjaringan di partainya itu.

Seperti diketahui, menghadapi Pilkada Kabupaten Bandung 2020, PKS dan Partai Demokrat sepakat untuk mengusung Gun Gun Gunawan sebagai calon Bupati Bandung. Kesepakatan koalisi ini dituangkan dalam deklarasi kedua partai tersebut di sekertariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kabupaten Bandung di Kecamatan Baleendah, Minggu (6/1/2020).

Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung, Jajang Rohana mengatakan, pihaknya membuat kesepakatan dengan Partai Demokrat untuk berkoalisi dalam Pilkada yang akan digelar September mendatang. Kesepakatan ini dicapai setelah kedua belah pihak melakukan penjajakan hingga menghasilkan kesepahaman untuk sama sama mengusung Gun Gun Gunawan sebagai calon bupati.

“Kursi kita memang tidak cukup untuk maju sendiri. Sehingga ada kesepahaman dan kesepakatan untuk mengusung calon dari PKS yakni Gun Gun Gunawan," kata Jajang usai menggelar pertemuan. (rd dani r nugraha)