Kemarin Didemo Santri, Sekarang Hermanto Serahkan IMB Ponpes

Kemarin Didemo Santri, Sekarang Hermanto Serahkan IMB Ponpes

INILAH, Cirebon - Janji Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Hermanto yang akan membantu Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pesantren, mulai dipenuhi. Hermanto yang berasal dari Fraksi Nasdem menyerahkan IMB untuk Pesatren An-Nasukha, Desa Kalimukti, Kecamatan Pabedilan.

IMB tersebut, hasil advokasi Nasdem kepada Pemkab Cirebon. Padahal, sudah cukup lama pihak pesantren mengajukan IMB dan saat itu masih belum juga bisa dikeluarkan.

"Kunjungan silaturahmi kami kali ini sebagai bentuk kepedulian Nasdem terhadap pesantren sekaligus menyerahkan IMB bagi pesantren An-Nasukha," kata Ketua Fraksi Nasdem Kabupaten Cirebon, Asep Zaenudin, Selasa (21/7/2020)

Hal senada dikatakan Hermanto. Diserahkannya IMB buat pesantren An-Nasukha adalah bentuk komitmen dirinya dan partai Nasdem, terkait janji akan membantu semua IMB pesantren.  Hermanto mengaku, Nasdem selalu terbuka dan siap membantu terbitnya IMB untuk pesantren yang ada di Kabupaten Cirebon

"Ini menjadi penyerahan IMB yang pertama kali, sejak saya berjanji di depan ribuan santri se Kabupaten Cirebon. Setiap kejadian, ada hikmah baik didalamnya. Partai Nasdem selalu siap untuk memfasilitasi pesantren-pesantren lainnya yang belum mendapatkan IMB," ungkap Hermanto.

Sementara itu, Pemilik Pondok Pesantren An-Nasukha, KH. Usamah Mansyur mengaku lega. Menurutnya, janji Hermanto dan Fraksi Nasdem terbukti. Diapun berterima kasih karena pesantren yang dia pimpin sudah punya legalitas IMB. Ini lanjutnya, sebagai hikmah Hermanto dalam penyelesaian kasus terkait pernyataan yang dinilai pernah menyinggung dunia pesantren.

"Ini hikmahnya Pak Hermanto pernah menyinggung dunia pesantren, sampai didemo ribuan santri. Nasdem dan Pak Hermanto sudah tabayyun dengan kami, dan persoalan kami anggap beres," jelasnya.

KH Usamah menambahkan, pihaknya sudah mengajukan IMB pesantren, sejak satu tahun lalu. Padahal, semua syarat sudah dipenuhi.  Namun anehnya, IMB tidak pernah keluar. Untung katanya, Fraksi Nasdem dan Hermanto komiten dengan janjinya, sehingga IMB bisa langsung selesai. (maman suharman)