Ini Cara Rifki Bantu Masyarakat Tambah Penghasilan Saat Pandemi

Ini Cara Rifki Bantu Masyarakat Tambah Penghasilan Saat Pandemi
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Guna menambah penghasilan warga, anggota DPRD Kota Bogor Achmad Rifki Alaydrus mengajak masyarakat jadi petani ikan nila. Melalaui program Kampung Juara, dia memberikan 500 ekor benih ikan nila untuk Kampung Cemplang, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat.

Rifki mengatakan, penebaran benih ikan itu sebagai langkah awal untuk mewujudkan Kampung Juara. Targetnya, bisa memaksimalkan segala potensi yang dimiliki warga sehingga kampung tersebut bisa mandiri dan tidak selalu bergantung kepada bantuan pemerintah.

"Melihat dari keseriusan warga, kedepan program Kampung Juara khususnya di sektor perikanan ini akan terus berlanjut dan dikembangkan sampai warga memiliki hasil ekonomi dari kampungnya sendiri dan tentunya tidak akan bergantung kepada bantuan bantuan pemerintah," ucap Rifki, Selasa (21/7/2020).

Selain mengembangkan potensi ekonomi dari sektor perikanan, lanjut Rifki, di Kampung Cemplang ini akan dibuat juga Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk mengembangkan potensi warga disektor pertanian.

"Nanti akan dimulai juga dibidang pertanian, akan kita buat KWT termasuk membuat aquaponik yang akan dilakukan para warga khususnya kaum ibu," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Bogor Barat Juniarti Estiningsih mengatakan Kampung Juara ini diharapkan menjadi wujud nyata ketahanan pangan di masa pandemi seperti saat ini.

"Di program ini saya juga mengarahkan agar dibentuk bank sampah, kalau sudah ada bank sampah otomatis nanti urban farming terkait dengan pertanian perkotaan bisa ditanami di sekililing dan tepian sungai sehingga menjadi kesatuan antara lauk dan sayur mayur," ujar Esti.

Esti berharap, program pemberdayaan masyarakat ini tidak hanya dilakukan di Kamoung Cemplang ini saja, tapi di wilayah wilayah lainnya di Kecamatan Bogor Barat sehingga pemberdayaan ikan bisa terus tumbuh dan bisa mengurangi sampah disungai. (Rizki Mauludi)