Wapres: UT Terus Sempurnakan Kualitas Pendidikan

Wapres: UT Terus Sempurnakan Kualitas Pendidikan
Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (antara)

INILAH, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap Universitas Terbuka (UT) terus menyempurnakan kualitas pendidikannya dengan mengembangkan keterampilan lunak (soft skill) dari para mahasiswanya, selain juga menyempurnakan keterampilan teknis (hard skill).

"Saya mengharapkan agar Universitas Terbuka terus melakukan penyempurnaan kualitas pendidikan, selain yang berbentuk hard skill atau pengembangan kemampuan teknis, juga perlu didorong pengembangan soft skill atau untuk meningkatkan kemampuan interpersonal," kata Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan dalam acara Wisuda Universitas Terbuka Periode II Tahun Akademik 2019/2020, Selasa (21/7/2020).

Melalui pengembangan soft skill, lanjut Ma'ruf, para lulusan UT dapat beradaptasi dengan perkembangan dunia kerja dan industri, sekaligus mampu mengembangkan jejaring dan kemampuan berkoordinasi.

"Kombinasi hard skill dan soft skill yang baik diharapkan dapat menciptakan lulusan yang memiliki keterampilan teknis, humanis dan mampu menghadapi perubahan sosial," tambahnya.

Selain itu, Ma'ruf juga berharap UT dapat menanamkan dan meningkatkan nilai patriotisme dan nasionalisme dalam pembelajarannya. Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila di kalangan mahasiswa dan pengajar, maka identitas kebangsaan dapat semakin kokoh, katanya.

"Saya juga mengharapkan agar Universitas Terbuka secara kreatif dapat menyisipkan bahan ajaran untuk memantapkan kesadaran dan pemahaman ideologi negara, yakni Pancasila, sebagai ideologi bagi seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres menyampaikan apresiasi terhadap para wisudawan dan wisudawati Universitas Terbuka Periode II Tahun Ajaran 2019/2020 dan berharap para lulusan dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat.

"Saya berharap Anda semua dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat dan berkontribusi secara nyata bagi pembangunan bangsa dan negara," ujarnya. (antara)