Polres Cimahi Selidiki Dugaan Pemotongan BST di Cipongkor

Polres Cimahi Selidiki Dugaan Pemotongan BST di Cipongkor
net

INILAH, Bandung – Unit Tipikor Polres Cimahi mulai melakukan penyelidikan adanya dugaan pemotongan dana bantuan sosial tunai (BST) di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor.

”Iya informasinya sudah kita terima. Tapi kita belum bisa menyimpulkan,” kata Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres Cimahi Iptu Herman Saputra saat dihubungi, Rabu (22/7/2020).

Dari informasi yang dihimpun, oknum aparat Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB, kedapatan melakukan pemotongan dana BST yang diterima warga sebesar Rp1 juta hingga Rp1,2 juta. Hingga kini ada sekitar 24 warga yang uang bantuannya disunat oleh oknum desa.

Kendati  begitu, Herman belum memastikan adanya indikasi melawan hukum atau tindak pidana korupsi dari kasus dugaan pemotongan dana BST yang diterima warga Desa Baranangsiang tersebut.

"Belum ada ke arah sana (korupsi). Rencananya hari ini mau ke lokasi dulu,"  ujarnya.

Sebelumnya, Dede (44), warga Kampung Lebak Lisung, RT 04/06, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), jadi korban 'sunat' uang bantuan sosial sebesar Rp1,2 juta oleh aparat desa.

Seharusnya Dede mendapatkan jatah uang bantuan dari Kementerian Sosial itu senilai Rp1,8 juta untuk 3 bulan, namun ia hanya menerima Rp600 ribu atau sama dengan jatah sebulan setelah dipotong oleh aparat desa setempat. (Ahmad Sayuti)