Tepat Hari Ini, PT Persib Bandung Bermartabat Berusia 11 Tahun

Tepat Hari Ini, PT Persib Bandung Bermartabat Berusia 11 Tahun
Komisaris PT PBB Umuh Muchtar. (Muhammad Ginanjar)

INILAH, Bandung - Tepat hari ini, Rabu (22/7/2020) PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) berdiri. Itu terjadi pada tahun 2009 silam. 

Terbentuknya PT PBB ini dilakukan Persib sejak diturunkannya Permendagri era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pada momen inilah, PT PBB lahir sebagai lembaga legal bagi keberadaan Persib dalam memasuki era profesional. Terlebih PT Liga Indonesia (LI) mengacu pada aturan yang diterapkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) agar setiap klub peserta memiliki legalitas yang jelas. 

PT PBB terbentuk semasa Wali Kota Bandung Dada Rosada sekaligus sebagai Ketua Umum Persib kala itu dan disaksikan 31 anggota Persib.

Selain Dada Rosada, bebarapa nama yang tercatat sebagai saksi berdirinya PT PBB, di antaranya Zaenuri Hasyim, Wahyu Hamijaya, Yoyo S Adiredja, dan Chandra Solehan. Lalu Edi Djoekardi, Iwan D Hanafi, Kuswara S Taryono, dan Umuh Muchtar.

Pendirian PT PBB telah dilengkapi dengan berbagai persyaratan berupa modal awal sebesar Rp10 milliar plus enam sektor yang siap menopang pendanaan Persib. Pada Indonesia Super League 2009-2010, Persib secara resmi menjadi sebuah klub yang telah berbadan hukum.

Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar pun mengingatnya dengan baik soal proses tersebut. Dia mengaku masih sangat hafal betul bagaimana berdirinya PT PBB.

"Kalau sejarah panjang yah, harus bikin buku sejarah saya. Yang pasti pada tahun 2009, saya nekat untuk mendirikan PT PBB. Kalau tidak nekat, tidak mungkin ada PT PBB," ujar Umuh di Komplek SOR si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. 

Umuh berharap di 11 tahun PT PBB berdiri, Persib bisa semakin berjaya. Sehingga Persib masih menjadi tim yang sehat terutama dari segi finansial.

"Ini juga karena Pak Glenn Sugita (Direktur Utama PT PBB) kita dikasih jalan untuk mendirikan PT PBB," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)