Sentra Ikan Hias Kini Hadir di Pasar Gede Bage Kota Bandung

Sentra Ikan Hias Kini Hadir di Pasar Gede Bage Kota Bandung

PARA Pehobi ikan hias maupun masyarakat yang suka berburu keindahan dan keragaman ikan hias. Ada kabar menggembirakan loh. Pasalnya, saat ini Kota Bandung telah memiliki sentra ikan hias higienis yang berlokasi di Pasar Gede Bage, Kota bandung.

Keberadaan pasar ikan hias itu merupakan inisiatif sejumlah komunitas dan penghobi yang memandang perlunya sebuah wadah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki ikan hias, sekaligus upaya mengembangkan bisnis ikan hias di Kota Bandung.

Christian Saputra, salah satu Koordinator Komunitas Ikan Hias mengungkapkan, kehadiran Pasar Ikan Hias Gede Bage berawal dari obrolan santai. Kemudian muncul ide untuk membuat ruang atau tempat semacam pameran ikan-ikan hias.

"Pada awalnya banyak menemui kendala dengan harga sewa bangunan yang mahal. Namun, berkat bantuan dari Dinas Pangan dan pertanian kota bandung dan PD Pasar bermartabat Kota Bandung, para komunitas ikan hias boleh menempati salah satu gedung perikanan yang berada di komplek Pasar Gedebage," ujarnya.

Menurut Christian, secara kebetulan gedung tersebut sudah lima tahun tidak dimanfaatkan. "Akhirnya kami bersama Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung dan juga PD Pasar Bermartabat sepakat untuk mengisinya dan menjadi sentra ikan hias Bandung dari berbagai jenis ikan,” ungkap Christian saat ditemui di Pasar Gedebage, Rabu (21/7)

Dikatakannya, keberadaan pasar ikan hias juga tak lepas dari dorongan kuat para pehobi ikan hias yang ada di berbagai komunitas. Hingga akhirnya sepakat berkumpul dalam satu tempat untuk menciptakan peluang bagi perkembangan ikan hias di Kota Bandung.

Dia mengatakan, keberadaan tempat ini sangat membantu sekali bagi para komunitas. Sebab, tidak sedikit dari mereka yang sudah membudidayakan  berbagai ikan-ikan hias di rumahnya masing-masing. Sehingga dengan adanya sarana ini pihaknya sangat membantu bagi para komunitas pecinta ikan hias.

Menurutnya, komunitas ikan hias ini seharusnya terus didorong agar berkembang dan menghasilkan nilai ekonomi. Terlebih, jika ditekuni, ternyata banyak dari penghobi ikan hias membudidayakan ikan-ikan yang dimilikinya. "Nah ketika budidayannya berhasil, justru kami membutuhkan tempat untuk memasarkannya," ucap dia.

Christian menilai, jika melihat perkembangan ikan hias saat ini sangat prospektif dan menghasilkan nilai ekonomi. Sebab, banyak dari masyarakat gemar memelihara ikan hias walapun hanya di simpan dalam akuarium.

Untuk itu, bursa pasar ikan hias ini diharapkan jadi barometer dan tempat bagi para penggemar ikan hias untuk berkumpul, berdiskusi, yang mengasilkan nilai prospektif ke depannya.

"Di sini ada 52 lapak yang menawarkan berbagai jenis ikan dan peralatan untuk memelihara ikan hias, penggemar ikan hias juga bisa konsultasi langsung bagaimana cara merawat ikan hias yang benar," tutur Christian.

Di tempat yang sama salah satu pemilik lapak Agung Zulfadi mengatakan, keberadaan tempat ini sangat membantu untuk mengembangkan hobi memelihara ikan hias yang ia tekuni sejak lima tahun lalu.

"Di Bursa ikan hias ini banyak ditawarkan berbagai jenis ikan hias. Selain itu tersedia juga berbagai peralatan untuk pemeliharaan ikan seperti berbagai jenis tumbuhan air, filter, dan pakan ikan hias. Nah untuk harga ikan hias da peralatan pemeliharaan disini sangat terjangkau dan bisa konsultasi juga,"tutup Agung.