HAN 2020, 875 Anak Diberi Kado Remisi di Seluruh Lapas Indonesia

HAN 2020, 875 Anak Diberi Kado Remisi di Seluruh Lapas Indonesia
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Sebanyak 875 anak di seluruh lapas di Indonesia dipastikan mendapatkan remisi. Pengurangan masa hukuman tersebut diberikan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kemenkumham Reynhard Silitonga menjelaskan, ratusan anak yang mendapatkan remisi tersebut, dinilai telah memiliki perilaku yang baik sehingga mendapatkan hak remisi.

"Jadi ada 857 yang dilakukan remisi," ujar Reynhard ketika berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak atau LPKA di Kota Bandung, Kamis (23/7/2020).

Dalam kunjungannya, Reynhard mengharapkan, LPKA tetap dapat memberikan pembinaan kepada anak-anak melalui pembinaan kepribadian agama dan pembinaan kemandirian melalui keterampilan.

"Kepribadian agama dan juga ada pembinaan kemandirian yaitu dia belajar tentang otomotif, bercocok tanam, dan belajar bagaimana beternak sehingga dia siap ketika dia keluar," tutur Reynhard.

Ditemui ditempat yang sama, Kabag Humas Protokol Dirjenpas Rika Aprianti menambahkan, anak-anak yang mendapatkan remisi dipastikan sudah memenuhi syarat administratif dan substantif. Remisi diberikan sebagai penghargaan sebab anak-anak itu sudah mengikuti pembinaan dengan baik.

"Itu sebagai bentuk reward karena anak-anak sudah mengikuti pembinaan pendidikan dengan baik selama di LPKA dan ada juga di lapas dan rutan," tuturnya.

Terpisah, Kepala Seksi Registrasi dan Klasifikasi LPKA Kelas II Bandung Dadang Sumardi, menyebutkan, sebanyak 35 anak dilapasnya mendapatkan remisi. Pengurangan masa hukumannya pun bervariatif mulai dari satu hingga tiga bulan.

"Yang dapat remisi sebanyak 35 anak didik. Besaran remisi anak nasional 1 bulan ada 25 anak didik, 2 bulan ada 4 anak didik, dan 3 bulan ada 6 anak didik," ucap Dadang saat dihubungi melalui pesan singkat.

Meski mendapatkan remisi, untuk Hari Anak Nasional tahun ini, lanjut Dadang, tidak ada anak yang langsung bebas usai diberikan remisi. "Gak ada (yang langsung bebas)," ujarnya.

Dadang menambahkan, syarat remisi di Hari Anak Nasional tidaklah sulit. Anak-anak yang mendapatkan remisi haruslah berkelakuan baik dan telah menjalani masa hukuman minimal tiga bulan lamanya.

"Syaratnya menjalani pidana minimal tiga bulan," tandasnya. (Ridwan Abdul Malik)