Peringati HBA ke-60, Kejari Kota Bogor Bakar 3.900 Lembar Uang Palsu

Peringati HBA ke-60, Kejari Kota Bogor Bakar 3.900 Lembar Uang Palsu
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor melakukan pemusnahan barang bukti narkotika dan barang bukti sitaan di halaman kantor. Barang bukti yang dimusnahkan antara lain obat-obat terlarang dari berbagai jenis, uang palsu, senjata tajam, dan barang rampasan berbagai jenis lainnya.

Pemusnahan ini juga dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60. Seluruh barang bukti yang dimusnahkan tersebut dari 112 perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor Bambang Sutrisna mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan itu dari 112 perkara pidana periode September 2019 sampai dengan Juni 2020.

"Terdapat uang palsu yang jumlahnya 3.900 lembar dengan pecahan Rp100 ribu, kami musnahkan dengan cara dibakar. Tadi diawali saya dengan Kepala Badan Narkotika Kota (BNK) Ade Sarip Hidayat," kata Bambang, Kamis (23/7/2020).

Selain itu, ada pula barang bukti lainnya yang dimusnahkan yaitu 1,1 kg sabu, 2,6 kg ganja dan tembakau sintetis, serta berbagai jenis senjata tajam (sajam) juga senjata api (senpi).

"Untuk sajam dan senpi dimusnahkan dengan dipotong," tambahnya.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Kota Bogor Syahru Wira mengatakan, kasus pidana di Kota Bogor didominasi perkara penyalahgunaan narkotika. Namun, masih dalam skala yang kecil.

"Berkas yang masuk ke kita rata-rata hanya pengecer dan pengguna saja yang didapetin. Kalau bandar-bandar besarnya itu belum tertangkap," ujar Syahru. (Rizki Mauludi)