Si Utung Diserahkan ke BBKSDA Jabar, Anak Hasanudin Menangis

Si Utung Diserahkan ke BBKSDA Jabar, Anak Hasanudin Menangis
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Jonggol - Hasanudin dan keluarganya yang merupakan warga Kampung Cibucil RT 08 RW 03 Desa Sukamanah, Jonggol, Kabupaten Bogor merasa berat hati menyerahkan hewan peliharaannya berjenis Lutung Jawa atau Trachypithecus auratus.

Ayah 4 orang anak ini menuturkan, hewan yang termasuk dilindungi negara ini ia dapat dari warga Kabupaten Purwakarta 9 tahun lalu ini sudah dianggap keluarganya.

"Luar biasa berat rasanya menyerahkan si Utung (nama panggilan sayang keluarga ke hewan Lutung Jawa) karena kami sudah sayang dan mengganggap bagian dari keluarga. Namun karena juga rasa sayang agar dia lebih bahagia dan hidup kembali normal  bersama teman-temannya di hutan maka kami pun menyerahkan secara sukarela ke BBKSDA Wilayah I Jawa Barat," kata Hasanudin kepada wartawan, Jumat (24/7/2020).

Dia menerangkan, sebagai kenang-kenangan dengan hewan kesayangannya itu sejak Kamis (23/7/2020) sore, baik anak maupun dirinya merekam dalam video setiap kegiatan si Utung.

"Dari kemarin saya dokumentasikan kegiatan si Utung untuk kenang-kenangan terakhir  dan pengobat rindu, tak hanya itu dalam proses evakuasi pun anak saya yang ketiga, yang sering memberikan si Utung  makan juga menangis. Walaupun begitu saat ini kami sekeluarga sudah ikhlas," sambungnya.

Hasanudin menjelaskan, si Utung sudah dirawat keluargaya sejak usia bayi dan semenjak itu si Utung tidak pernah sakit apalagi mengusik masyarakat sekitar tempat saya tinggal.

"Apa yang kami makan dia makan. si Utung sangat baik kepada orang atau tetangga walaupun rantainya lepas. Dia tak pernah sakit dan kami pun rutin memandikannya dengan sampo," jelas Hasanudin. (Reza Zurifwan)