Kurban Digital, ShopeePay Gandeng 5 Lembaga Zakat

Kurban Digital, ShopeePay Gandeng 5 Lembaga Zakat
istimewa

INILAH, Jakarta - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, fitur layanan uang elektronik ShopeePay menjalin kerja sama strategis dengan lima lembaga amil zakat nasional (Laznas), yakni Baznas, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, PPPA Daarul Quran, dan Human-initiative.org.

Kerja sama ini bertujuan untuk menghadirkan solusi pembayaran secara mudah, aman, dan nyaman bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah kurban dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah situasi pandemi virus .

Hal tersebut sejalan dengan kaidah protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama untuk tetap menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan atau kepadatan di lokasi pembelian dan penyembelihan.

"Menyikapi masa pandemi saat ini, ShopeePay sebagai perusahaan berbasis teknologi, senantiasa berupaya untuk menghadirkan berbagai program inovatif atas segala keadaan, salah satunya melalui komitmen kami dalam mempermudah kegiatan berkurban masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah," kata Cindy Candiawan, Marketing Manager ShopeePay, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Menurut dia, para pengguna dapat melakukan donasi digital di platform para mitra dan menyelesaikan transaksinya dengan pembayaran digital melalui ShopeePay yang aman dan nyaman.

"Kami harap dengan mudahnya pembayaran dan edukasi kepada masyarakat yang selalu digencarkan oleh ShopeePay, semakin banyak hewan kurban yang dapat dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," lanjut Cindy.

Sinergi antara mitra Laznas selaku penyedia jasa kurban, Shopee sebagai platform transaksi kurban, dan ShopeePay sebagai alternatif pembayaran digital, diinisiasi sebagai bentuk upaya konkrit dalam memberikan dampak positif terhadap berbagai pihak terkait.

Salah satunya adalah peternak hewan kurban, mustahiq (penerima daging kurban), dan juga masyarakat Indonesia, merunut kepada riset yang dikeluarkan oleh Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS), terkait potensi ekonomi kurban nasional tahun 2020 yang akan mencapai Rp20,5 triliun.

"Kerja sama ini merupakan salah satu cara kami untuk memberikan kemudahan dan mendorong para donatur untuk terus dapat melakukan ibadah kurban di tengah pandemi COVID-19. Insya Allah, donasi yang kami terima dari para pengguna ShopeePay akan kami jaga transparansi dan akuntabilitasnya untuk memastikan distribusi kepada para mustahik yang sesuai dengan syariat Islam," tutur Doni Marlan, Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa, salah satu representatif mitra layanan penyedia kurban dengan ShopeePay.

Berikut panduan cara bertransaksi kurban dengan metode pembayaran ShopeePay yang mudah, aman, dan efisien melalui smartphone:

1. Buka aplikasi/mobile web Merchant ShopeePay (Baznas, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, PPPA Daarul Quran, dan Human-initiative.org),

2. Pilih produk yang ingin dibeli, lalu checkout di menu pilihan pembayaran,

3. Pilih ShopeePay sebagai metode pembayaran,

4. Anda akan diarahkan ke aplikasi ShopeePay untuk melakukan pembayaran,

5. Masukkan PIN ShopeePay,

6. Transaksi sukses jika Anda mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil. Anda akan diarahkan kembali ke aplikasi/mobile web Merchant ShopeePay

Pembayaran juga bisa dilakukan melalui website para mitra. Para pengguna akan diarahkan untuk menyelesaikan pembayaran dengan melakukan scan QRIS dengan fitur ShopeePay.

Selain itu, transaksi juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Shopee lewat fitur Shopee Barokah dan menyelesaikan pembayaran dengan ShopeePay. (inilah.com)