Ditlantas Polda Jabar Bagikan 250.000 Masker

Ditlantas Polda Jabar Bagikan 250.000 Masker
istimewa

INILAH, Bandung - Memasuki hari ke tiga Operasi Patuh Lodaya 2020, Direktorat Lalu Lintas (DitLantas) Polda Jawa Barat membagikan ribuan masker untuk para pengendara roda dua mapupun roda empat. Pembagian masker juga, merupakan bentuk pendisiplinan masyarakat dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Ini adalah bentuk kegiatan dalam rangkaian kegiatan operasional patuh lodaya 2020. Untuk menciptakan Kamseltibcar lantas dan ketertiban masyarakat khususnya pendisiplinan masyarakat dalam hal adaptasi kebiasaan baru," ucap Kepala Bagian Operasi (KBO) Ditlantas Polda Jabar, AKBP Agung Reza saat ditemui di Perempatan Bypass (Samsat), Kota Bandung, Sabtu (25/7/2020).

Rencananya, lanjut Reza, pihaknya akan membagikan masker sebanyak 250.000 buah, yang disebar di seluruh wilayah hukumnya. Pembagiannya pun dilakukan di sejumlah titik perempatan, dan menyasar para pengendara yang kedapatan tidak menggunakan masker.

"Hari ini kita bagikan kurang lebih 1000 masker, dari total sebanyak 250.000 masker untuk menciptakan Kamseltibcar (kemanan keseleamatan ketertiban dan kelancaran) lantas dan ketertiban masyarakat," ujar Reza.

Reza menyebutkan, selain untuk para pengendara roda dua mapupun roda empat. Pihaknya, juga turut membagikan masker kepada penumpang di angkutan umum dan ojek online.

"Kepada pengguna kendaraan lain, pengguna angkot juga turut kita bagikan tadi," ungkapnya.

Saat disinggung terkait penindakan pelanggaran tidak menggunakan masker dalam berkendara. Reza menambahkan, pada operasi patuh lodaya 2020, polisi cenderung lebih kepada upaya sosialiasi terkait hal tersebut. Namun, tekait penggunaan masker, mayoritas masyarakat sudah tertib.

"Kegiatan operasi ini kita melakukan kegiatan preventif, dan penegakan hukum. jadi tadi kita juga agak kesulitan bagikan masker sebab masyarakat sudah tertib," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)