Lobow Hadir Kembali Bersama Rindu Berbisik

Lobow Hadir Kembali Bersama Rindu Berbisik
istimewa

INILAH, Jakarta - Vokalis Lobow Ilyas kembali hadir di belantika musik Tanah Air lewat single anyar berjudul "Rindu Berbisik". Dalam karya terbarunya ini, Lobow berkolaborasi dengan @legendamusikindo.

Penyanyi kelahiran Makassar ini mmebutuhkan waktu satu bulan lebih untuk proses pengerjaan lagu sebelum dirilis ke pasar musik Indonesia. Komposisi musik disesuaikan dengan sejumlah jenis lagu yang terbukti berhasil mengangkat pamor penyanyi pop-folk ini.

"Lagu-lagu saya tidak pernah jauh dari tema cinta. Dan 'Rindu Berbisik' ini masih punya relevansi yang kuat dengan lagu-lagu saya sebelumnya," kata Lobow dalam keterangan tertulis, di Jakarta.

Lebih lanjut penyanyi asal Makassar, Sulawesi Selatan ini menuturkan, lagu "Rindu Berbisik" bercerita tentang kerinduan yang tak tersampaikan. Tema seputar keinginan kuat untuk bertemu ini, menurutnya, jamak dijumpai di berbagai segi kehidupan. "Ini adalah cerita umum yang ada di masyarakat. Banyak orang merindukan sesuatu yang sudah tidak bisa diraih, padahal kerinduan itu sudah tidak bisa ditahan," jelasnya.

"Pesannya sangat sederhana tapi saya rasa isinya sampai. Banyak orang yang merasakan kerinduan, tapi dia nggak mampu mengungkapkan perasannya. Lewat lagu ini dia bisa bersenandung dan bisa meluapkan kerinduannya tersebut," Lobow, menambahkan.

Lobow kembali mengusung pop-folk pada "Rindu Berbisik" dengan nuansa akustik serta sentuhan gesek cello Rachel Levina. Begitu pula para musikus yang berada di balik lagu ini, adalah muka-muka lama yang sering sepanggung dengan Lobow, yakni Ocenk Delewa dan Efan. "Aransemennya lebih simpel, akustik, dan ditambah cello. Jadi ada kebaruan dan menurut saya pas dengan lagunya," Lobow, menjelaskan single ke-8 dalam karier musiknya tersebut.

Semula, ada dua penyanyi yang diincar oleh @legendamusikindo untuk membawakan lagu ini. Di sisi lain, Andi Rianto, tandem perusahaan rekaman ini di pengerjaan beberapa single sebelumnya, kembali berkolaborasi untuk "Rindu Berbisik". "Saya cuma kepikiran yang menyanyikan lagu ini harus suaranya seperti Once (Mekel) atau Lobow. Dan akhirnya setelah kami lakukan pendekatan ke keduanya, diputuskan Lobow yang membawakan lagu ini," tutur Direktur Support & Business Development @legendamusikindo Faisal Nurdin.

"Kemudian pada proses selanjutnya, kami juga mengembangkan lagi lagu ini ke versi orkestra. Kami bersyukur dapat bekerja sama dengan Andi Rianto, yang pada saat itu membantu kami juga memperkenalkan dengan Alwin, penyanyi pendatang baru yang punya suara khas," Faisal, menambahkan.

Pada Juni hingga Juli 2020, @legendamusikindo telah meluncurkan sejumlah single yang dilantunkan para penyanyi lintas genre. "Yang Terakhir", dinyanyikan secara duet oleh Ilona dan Bimmo. Kemudian, "3 Hari", single yang dinyanyikan rocker Roy Jeconiah. "Disaat Kau Pergi" oleh Dirly "Idol" yang dirilis 10 Juli 2020.

"Rindu Berbisik", lagu tunggal teranyar Lobow hasil kerja sama dengan @legendamusikindo, tersedia di berbagai digital store pada 24 Juli 2020. Pemutaran perdana klip video dari lagu ini, yang merupakan hasil karya sutradara Upie Guava, digelar 25 Juli 2020 pada pukul 22:00 WIB melalui kanal Legenda Musikindo di situs berbagi video YouTube.

"Akhirnya setelah kami mengulas dua versi dari ini, @legendamusikindo memberanikan diri untuk merilis lagu 'Rindu Berbisik' dalam dua versi. Versi pertama dinyanyikan Lobow dengan genre folk yang hanya diiirngi gitar dan cello, sementara versi orkestra dengan aransemen Andi Rianto dinyanyikan oleh Alwin," jelas Faisal, seraya menambahkan, versi orkestra dari lagu ini dapat dinikmati publik pada awal Agustus 2020. (inilah.com)