Tanpa Marquez, Quartararo Waspadai Vinales di GP Andalusia

Tanpa Marquez, Quartararo Waspadai Vinales di GP Andalusia
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Fabio Quartararo berharap mengulangi kesuksesannya di Jerez namun akhir pekan ini akan mewaspadai ancaman Maverick Vinales saat Marc Marquez batal ambil bagian dalam Grand Prix Andalusia.

Pebalap asal Prancis itu mengklaim pole position keduanya musim ini secara beruntun di Jerez berkat catatan waktu satu menit 37,007 detik pada babak kualifikasi.

Vinales mencetak waktu yang lebih cepat dari pebalap tim Petronas Yamaha tersebut namun waktu lapnya dibatalkan karena dianggap melewati batas trek.

Pebalap pabrikan Yamaha itu harus puas start dari P2 setelah terpaut 0,095 detik. Sementara juara bertahan Marc Marquez batal turun di GP Andalusia menyusul cedera tulang lengan atas kanannya kendati sempat turun di sesi latihan dan kualifikasi Sabtu.

"Marc tidak ada di sini, kecepatan yang ia bukukan pekan lalu sangat tinggi, dan sayangnya dia tidak akan ada.

"Saya berharap bisa balapan dengan baik, membuat hasil seperti akhir pekan lalu tapi kalian tahu Maverick sangat kuat juga, demikian pula beberapa pebalap lainnya," kata Quartararo seperti dilansir laman resmi MotoGP.

"Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk tetap di depan, berusaha membuat start dan lap pertama yang bagus."

Pebalap yang pekan lalu meraih kemenangan perdananya di MotoGP itu tentunya tidak akan menantikan balapan yang serupa kendati digelar di sirkuit Jerez untuk kedua kalinya secara beruntun.

Vinales yang menjadi runner-up pekan lalu menantikan balapan yang lebih ketat Minggu nanti kendati dia merasa jauh lebih nyaman dengan setup motor Yamaha M1-nya kali ini.

"Saya rasa kami lebih baik dari akhir pekan lalu dan jauh lebih kompetitif di semua bagian trek. Saya harap bisa fokus dan konsentrasi sepanjang balapan karena sekarang kami memiliki start yang bagus," kata Vinales yang memecahkan rekor lap Jerez di sesi latihan bebas itu," kata dia.

Francesco Bagnaia merebut posisi start terbaiknya bersama tim Pramac Racing di P3 ketika tak ada pebalap pabrikan Ducati yang masuk 10 besar.

Valentino Rossi juga akan berusaha mencuri start bersama Miguel Oliveira dari tim KTM dan Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha yang menghuni baris kedua. GP Andalusia akan start Minggu pukul 19:00 WIB. (antara)