Klaster Trusmi 16 Orang, Total Pasien Positif Covid-19 Kabupaten Cirebon Tembus 62 Orang

Klaster Trusmi 16 Orang, Total Pasien Positif Covid-19 Kabupaten Cirebon Tembus 62 Orang
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Dinkes Kesehatan Kabupaten Cirebon akhirnya resmi merilis ada 16 warga desa yang positif covid-19. Mereka yakni warga Desa Trusmi Kulon Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.  

"Tercatat, total sampai saat ini ada 62 orang di Kabupaten Cirebon yang positif Covid-19," kata Kadinkes Kabupaten Cirebon Eny Suhaeni kepada wartawan, Minggu (26/7/2020).

Eny menjelaskan, kronologis 16 warga desa positif covid-19, berawal dari salah satu warga desa yang bekerja di Semarang Jawa Tengah. Orang tersebut sakit, dan akhirnya pulang ke Cirebon dengan dijemput keluarganya.  

Pasien sempat dirawat selama lima hari di rumah sakit. Namun, pada hari kedua setelah pulang dari rumah sakit, kondisi pasien kembali drop. Saat dilakukan swab test, ternyata dia positif Covid-19.

"Saat masuk awal di rumah sakit, rapid test pasien negatif. Tapi, saat kembali drop, kita lakukan swab tes, hasilnya positif," kata Eny.

Dari kejadian itu, pihaknya segera melakukan tracing kepada 22 orang yang melakukan kontak erat dengan pasien. Setelah dilakukan swab test, maka ada 15 warga yang dinyatakan positif Covid-19. Total, 16 warga desa positif yang terdiri dari 9 orang keluarga, 5 perangkat desa, 1 orang tukang becak, dan 1 orang pembantu.

"Mereka saat ini sudah masuk dan dirawat diruang isolasi RSUD Arjawinangun. Ini penambahan kasus yang sangat luar bisa. Masalahnya, wilayah trusmi memang termasuk padat penduduk," jelas Eny.

Untuk mengantisipasi lebih banyak lagi penyebaran Covid-19, pihaknya kembali akan mengadakan swab test massal. Untuk wilayah trusmi sendiri, sudah dilalukan swab test kepada 155 warga. 

Eny menyebutkan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Pemprov Jabar untuk meminta bantuan kiriman VTM dan reagen VCR. Ditargetkan, akan ada 1.000 swab test massal lagi dalam waktu dekat ini. (Maman Suharman)