Juara Dunia MotoGP? Quartararo: Jangan Abaikan Marquez

Juara Dunia MotoGP? Quartararo: Jangan Abaikan Marquez

INILAH, Jerez - Dua balapan berlalu, Marc Marquez punya nilai nihil. Jika Fabio Quartararo memenangkan Grand Prix MotoGP Andalusia, dia akan unggul 50 poin. Akankah pembalap Prancis itu bakal jadi juara dunia?

Peluang untuk itu ada. Pasalnya, setelah Andalusia, tinggal tersisa 11 balapan. Dengan tetap konsisten podium, Quartararo sulit dihentikan.

Meski begitu, Quartararo menegaskan adalah keselahan besar memandang Marquez keluar dari jalur gelar juara. Pasalnya, berkaca dari balapan tahun lalu, pembalap Spanyol itu sudah membuktikan dirinya tak bisa dipandang sebelah mata, bahkan dengan marjin kesalahan yang besar sekalipun.

"Takkan mudah berpikir soal gelar juara (dunia) karena ini baru balapan kedua. Tentu saja, ini keuntungan kalau ada yang tak mencetak poin di dua balapan, terutama dalam konteks kejuaraan dunia. Tapi, jika kita lihat hasil Marc (tahun lalu), kecuali di Austin, hasil terburuknya di posisi kedua," katanya.

Dengan begitu, sebutnya, semua akan banyak tergantung pada comeback Marc Marquez. Kalau saja dia mampu menunjukkan performa terbaik setelah pulih dari operasinya, Marc Marquez tetap akan jadi lawan yang tangguh.

"Tapi kami tak perlu berpikir tentang kejuaraan dunia dan menikmati saja. Suatu saat, kami akan memikirkannya, tapi bukan sekarang," tegasnya.

Quartararo akan start di posisi terdepan pada Grand Prix Andalusia di Sirkuit Jerez, Minggu ini. Ini posisi pole keduanya secara beruntun setelah sebelumnya pada Grand Prix Spanyol, juga di Jerez.

Quartararo menyatakan cukup kaget bisa mendapatkan posisi start terdepan. Tapi, dia merasa yakin bisa menggandakan keunggulan bersama tim Petronas SRT Yamaha.

"Saya tak pernah memperhitungkannya. Tapi saya senang karena saya tak merasa cukup bagus di kualiafikasi. Rasanya aneh di latihan bebas keempat, saya mencoba ban yang berbeda. Kita akan lihat di lap pertama, kami perlu (membalap) cerdas. Kami harus memiliki kecepatan yang benar-benar bagus, tapi harus hati-hati," tambahnya.