Firli Ungkap Core Business KPK Berantas Korupsi

Firli Ungkap Core Business KPK Berantas Korupsi
Ketua KPK Firli Bahuri. (Antara Foto)

INILAH, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, mengungkapkan strategi utama lembaga antirasuah yang dipimpinnya saat ini dalam memberantas korupsi.

"Ada tiga pendekatan pemberantasan korupsi yang merupakan core business KPK dalam pemberantasan korupsi dan dilaksanakan secara holistik, integral sistemik, dan sustainable," kata Firli dalam keterangannya, Minggu(26/7/2020).

Pertama ungkap Firli, yaitu pendekatan pendidikan masyarakat untuk membentuk mindset dan culture-set segenap eksponen bangsa agar terbebas dari perilaku koruptif dan virus laten korupsi yang telah berurat akar di Indonesia.

"Yang kedua adalah pendekatan pencegahan dengan prinsip dan tujuan pencegahan untuk menghilangkan kesempatan atau peluang korupsi dengan cara perbaikan, penguatan hingga membangun sistem," ujarnya.

Ketiga lanjutnya, adalah pendekatan penindakan, dengan penegakan hukum yang tegas dan efektif, dapat menimbulkan kesadaran untuk taat, patuh pada hukum, bukan hanya sekadar membuat rasa takut akan sanksi semata.

"Insya Allah, Indonesia akan cepat terlepas dari laten korupsi yang menggurita di negeri ini, jika kita semua, seluruh elemen dan anak bangsa konsisten, bersatu padu bersama KPK menjalankan 3 Strategi ini," tuturnya.

Sebelumnya, Firli melakukan sosialisasi pencegahan korupsi ke Bangka Belitung. Kepada pejabat didaerah tersebut ia mengingatkan untuk tidak bermain-main dalam menyalurkan bantuan sosial Covid-19 kepada masyarakat.

"Ada keinginan untuk mengunjungi tempat bersejarah di Bangka Belitung yaitu tempat pengasingan Presiden Pertama RI, Bung Karno di Kota Muntok, Bangka Barat. Ini adalah bukti jejak sejarah bahwa Bangka Belitung sejak dahulu kala telah mengambil peran besar dalam perjuangan bangsa. Kita tidak tahu, beberapa tahun kedepan, bisa saja dari Bangka Belitung tampil pemimpin-pemimpin nasional, pemimpin berintegritas, anti korupsi, yang dapat memenuhi cita-cita Founding Fathers, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah," tandasnya. [Inilahcom]