Berawal dari Hobi, Kevin Sukses Ekspor Cupang ke Puerto Rico

Berawal dari Hobi, Kevin Sukses Ekspor Cupang ke Puerto Rico

INILAH, Bogor - Berawal dari hobi, Asep Nadzarullah yang akrab disapa Kevin, berhasil mengekspor ikan cupang keluar negeri. Kevin yang merupakan warga Cilendek Timur RT 04/04, Kecamatan Bogor Barat, tidak hanya mengirimkan ikan cupangnya ke negara tetangga seperti Malaysia juga Puerto Rico. Dari hasil penjualannya tersebut, Kevin dapat mengantongi Rp2 hingga Rp5 juta perhari.

Kevin menuturkan, ia memulai usaha peternakan ikan cupang di halaman rumahnya di Kampung Cilendek Timur RT 04/04 Nomor 56, Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor satu tahun lalu. Awalnya ia tertarik terjun ke usaha cupang karena cupang memiliki prospek besar, sebuah bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal besar tetapi akan mendapatkan keuntungan besar.

"Awalnya saya hobi memelihara cupang, lalu tertarik untuk membudidayakannya. Dulu waktu pertama kali terjun ke usaha cupang, banyak orang yang nyinyir dan menyindir bahwa usaha cupang adalah ikan murahan yang tidak ada harganya. Mendengar hal itu, saya akhirnya membuktikan bahwa dengan keyakinan, ketekunan dan keuletan yang saya jalani, usaha ini tidak akan sia-sia," ungkap Kevin kepada wartawan pada Senin (27/7/2020) siang.

Kevin melanjutkan, buktinya sekarang cupang bukan ikan yang murahan, tetapi cupang saat ini memiliki harga tinggi dan menguntungkan. Saat ini dirinya mampu menghasilkan puluhan ribu cupang hias dari hasil budidaya dirinya bersama para petani ikan hias binaannya.

"Berbagai jenis cupang hasil budidaya saya merupakan cupang yang sering diikutkan dalam kontes antara lain, halfmoon, crown tail, plakat, dan giant. Saya sudah membuktikan kepada semua orang melalui bisnis ikan cupang, bahwa dirinya sudah meraih kesuksesan dengan penghasilannya per hari saat ini bisa mencapai Rp2 juta sampai Rp5 juta," tuturnya.

Saat ini, Kevin juga memiliki tempat budidaya khusus dengan memanfaatkan lahan pekarangan di rumahnya, selain itu rumahnya dijadikan sebagai toko penjualan. Karena banyak pembeli dari berbagai daerah yang sudah rutin berbelanja ke rumahnya. Ia juga rutin mengekspor ikan cupang hasil budidayanya ke luar negeri karena peminatnya cukup banyak, seperti ke Singapura, Malaysia sampai Puerto Rico.

"Saya yang deket-deket sudah kayak Singapura, Malyasia dan Puerto Rico. Saya memasarkan ikan melalui sejumlah akun media sosial diantaranya, Facebook dengan nama Kevin Nadzar, Instagram @kevinbettabogor dan telegram nama Kevin Nadzar. Para hobi dan kolektor cupang hias bisa juga menghubungi kevin di no WhattAps 08128111 7671 untuk mengoleksi cupang hias terbaik hasil budidaya Kevin," bebernya.

Kevin menjelaskan, sekarang dirinya tengah memiliki banyak stok cupang jenis plakat Blue Rim (BR), karena sering memenangkan kontes, Blue Rim harganya sangat mahal. Selain itu dirinya memiliki stok Avatar Cooper Gold, hasil budidaya bersama petani binaan. Dari indukan cupang 20 pasang, dirinya bisa menghasilkan 10.000 ekor cupang. Para petani pembudidaya cupang rutin menciptakan berbagai macam varian jenis ikan cupang seperti jenis nemo, multicolor, marble dan yang terbaru serta sedang viral saat ini yakni jenis avatar dan blue rim.

"Cupang jenis avatar dan blue rim ini harga per ekornya cukup fantastis mulai dari Rp200 ribu sampai jutaan rupiah, tergantung dari corak ikan tersebut. Cupang jenis Avatar Copper Gold pada usia ikan sekitar 2,5 bulan dengan ukuran small, busa dibandrol Rp250 ribu hingga Rp500ribu per ekor, sedangkan ukuran M atau dewasa bisa mencapai jutaan rupiah. Cupang avatar sendiri merupakan persilangan dari cupang plakat asli Thailand dengan jenis lokal, alias cupang alam. Cupang plakat memiliki ciri sirip dan ekornya pendek membulat, dengan tubuh tergolong besar dan gagah karena awalnya memang cupang aduan," pungkasnya. (rizki mauludi)