UPI Gelar Penjaringan dan Pemilihan Komite Audit Masa Bakti 2015-2020

UPI Gelar Penjaringan dan Pemilihan Komite Audit Masa Bakti 2015-2020
istimewa

INILAH, Bandung - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan penjaringan dan pemilihan komite audit masa bakti 2015-2020. Masa jabatan ini akan berakhir pada tanggal 9 September 2020.

Merujuk pada Peraturan Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Pendidikan Indonesia Nomor 03/UN40.MWA/HK/2020 Tentang Pemilihan Anggota Komite Audit Universitas Pendidikan Indonesia serta Edaran Satuan Tugas Nomor 001 Tahun 2020 Tentang Penjaringan dan Pemilihan Anggota Komite Audit UPI Masa Bakri 2020-2025. Satuan Tugas (Satgas) menyelenggarakan Penjaringan dan Pemilihan Anggota Komite Audit UPI Masa Bakri 2020-2025 Universitas Pendidikan Indonesia dengan prinsip terbuka, jujur, adil, dan akuntabel.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penjaringan dan Pemilihan Anggota Komite Audit UPI Masa Bakti 2020-2025 (Brigjen TNI (Purn) H. Ahmad Saefudin S.E., M.M., AIFO mengatakan komite audit merupakan perangkat
Majelis Wali Amanat (MWA) yang secara independen berfungsi melakukan evaluasi terhadap hasil audit internal dan ekternal dalam bidang keuangan atas penyelenggaraan UPI untuk dan atas nama MWA.

Anggota Komite Audit berjumlah lima orang yang terdiri atas satu orang ketua merangkap anggota yang berasal dari anggota MWA dan satu orang sekretaris merangkap anggota, serta tiga orang anggota yang bukan berasal dari anggota MWA.

"Merujuk pada ketentuan tersebut, seluruh Dosen dan Karyawan UPI berhak untuk mengajukan diri untuk menjadi Anggota Komite Audit (KA) UPI Masa Bakti 2015-2020, dengan ketentuan, kriteria, persyaratan yang sudah ditetapkan MWA. Tahapan pengambilan dan pengembalian formulir di mulai pada tanggal 27 Juli 2020 sampai dengan 7 Agustus 2020 dai Senin-Jumat Pukul 08.00-15.00 WIB," ujar Ahmad, di Kampus UPI, Senin (27/7/2020).

Dia menambahkan tahapan lainnya yang diselenggarakan oleh satuan tugas untuk penjaringan dan pemilihan anggota komite Audit UPI masa bakti 2020-2025 diantaranya pengesahan bakal calon anggota komite audit, penyerahan dan penyajian kertas kerja, wawancara, pelaporan hasil proses tahapan seleksi kepada MWA serta penetapan ketua dan anggota Komite Audit oleh MWA.

Sejumlah kriteria bakal calon anggota Komite Audit UPI yang ditelah ditetapkan MWA UPI diantaranya, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cakap dan/atau mampu melakukan perbuatan hukum, sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Dokter Pemerintah, memiliki komitmen, integritas yang tinggi, kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang memadai sesuai dengan latar belakang pendidikan, prestasi, wawasan, minat dalam bidang audit, serta mampu berkomunikasi secara efektif

Selain itu, memiliki pemahaman yang utuh tentang Statuta UPI dan Peraturan MWA UPI, memiliki kompetensi antara lain dalam bidang: akuntansi, keuangan, hukum dan tatakelola perguruan tinggi serta pengelolaan barang milik negara, tidak menjabat sebagai pimpinan UPI dan/atau jabatan lain di UPI, memiliki kualifikasi pendidikan formal sekurang-kurangnya S2 dan pengalaman yang relevan/kompetensi di bidang akuntansi, keuangan, hukum dan/atau pendidikan dan menyatakan kesediaan secara tertulis untuk menjadi calon Anggota KA UPI.

"Persyaratan administratif yang harus dipenuhi untuk mengikuti tahapan penjaringan dan pemilihan Anggota Komite Audit UPI Masa Bakti 2020-2025 diantaranya, daftar riwayat hidup, foto kopi ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, foto kopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku, pasfoto berwarna latar belakang putih 3 lembar ukuran 4 x 6, surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan keterangan Sehat Jasmani dari dokter Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah," imbuh Ahmad.

Dia berhatap satgas menyelenggarakan penjaringan dan pemilihan anggota komite Audit UPI Masa Bakti 2020-2025 secara terbuka mengundang Dosen dan Karyawan UPI, serta masyarakat yang memenuhi ketentuan untuk berpatisipasi.

"Sekretriat panitia di Gedung University Center lantai 3 UPI Jalan Setiabudhi 229 Bandung. Informasi selengkapnya dapat dilihat dan diunduh di laman www.upi.edu atau www.mwa.upi.edu," pungkasnya. (Okky Adiana)