Ayo Disiplin! Denda Tanpa Masker Mulai Berlaku

Ayo Disiplin! Denda Tanpa Masker Mulai Berlaku
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Denda kepada masyarkat yang tidak menggunakan masker pada tempat umum di Jabar mulai berlaku. Kebijakan itu tidak dapat ditawar setelah Peraturan Gubernur (Pergub) ditandatangani Senin (27/7/2020).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, berdasarkan kajian ahli, kebijakan lockdown dan displin masker sama-sama dapat menurunkan penularan covid-19. Hanya saja, dengan skema lockdown tidak hanya menjadikan masyarakat sulit berinteraksi namun dapat kian menghancurkan ekonomi. 

“Tapi kalau pakai masker tidak. Jadi sekarang sederhana, kalau mau ekonomi jalan kembali selama warga dan kita semua disiplin menggunakan masker untuk mengurangi penyebaran virus itulah yang kita tegakan,” ujar Ridwan Kamil,  Rabu (27/7/2020).

Emil -sapaan Ridwan Kamil- menyampaikan, regulasi denda tanpa masker dilandasi agar masyarkat dapat tetap melaksanakan kegiatan ekonomi di massa pandemi Covid-19.

“Maka hari ini, saya sudah tandatangani pergub terkait sanksi dan denda tidak memakai masker supaya upaya agar kita bisa kembali melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi tetap menjaga kewaspadaan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, warga Jabar yang tidak menggunakan masker akan dikenai denda sekitar Rp100-150 ribu atau sanksi bekerja sosial. (Rianto Nurdiansyah)