Sekolah Ibu 2020 Dipastikan Tidak Berjalan, Tahun Depan Mulai Lagi

Sekolah Ibu 2020 Dipastikan Tidak Berjalan, Tahun Depan Mulai Lagi
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Dikarenakan pandemi Covid-19, program Sekolah Ibu (SI) di Kota Bogor pada tahun ini tidak dilaksanakan. Seluruh anggaran untuk kegiatan tersebut juga telah dialihkan dan tidak dipergunakan.

"Kegiatan Sekolah Ibu untuk anggaran 2020 tidak dilaksanakn, memang kondisi yang tidak memungkinkan dilaksanakan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Bogor Iceu Pujiati, Selasa (28/7/2020).

Iceu melanjutkan, total anggaran SI sebesar Rp3,7 miliar itu dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Iceu menekankan, bahwa anggaran untuk SI yang disiapkan hanya Rp3,7 miliar itu benar saat ini sudah dialihkan anggarannya untuk penanganan covid-19. Namun ada kegiatan-kegiatan pada tahap awal sebelum adanya Covid-19 yang sudah direalisasikan.
 
"Yang sudah digunakan pada kegiatan awal sebelum adanya Covid-19 sekitar Rp130 juta. Ketika ada Covid-19, tidak ada anggaran lagi dan semua kegiatan dihentikan, karena semuanya dilimpahkan dialihkan anggarannya ke penanganan Covid-19," terangnya.

Rencananya, Iceu mengaku program tersebut akan dievaluasi. Tahun depan, Iceu menyebutkan Sekolah Ibu akan digelar di 67 kelurahan.

"Nanti kami akan kembali melakukan seleksi dan kriteria untuk peserta Sekolah Ibu tahun 2021. Setiap satu angakatan di satu kelurahan sebanyak 20 orang. Untuk trainer diambil dari kalangan akademisi, masyarakat dan OPD di Pemkot Bogor," pungkasnya. (Rizki Mauludi)