Asalkan Data Kebocoran PAD Komplet dan Valid, Dewan Siap Bikin Pansus

Asalkan Data Kebocoran PAD Komplet dan Valid, Dewan Siap Bikin Pansus
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari Fraksi Nasdem Hermanto mendukung langkah staf ahli bupati bidang ekonomi keuangan dan pembangunan Abraham Muhamad yang menyikapi persoalan dugaan kebocoran PAD Kabupaten Cirebon. Hermanto mengapresiasikan laporan Abraham ke Kejaksaan Negeri Sumber terkait masalah dugaan korupsi yang terjadi di PDAM Tirta Jati.

"Saya mengapresiasikan langkah yang dilakukan Abraham. Ini langkah yang bagus, asal untuk kebaikan Kabupaten Cirebon," kata Hermanto, Selasa (28/7/2020).

Hermanto menjelaskan, baru pertama kali ada ASN yang melaporkan dugaan penyimpangan yang ada di pemda ini langsung ke kejaksaan. Namun, Hermanto berharap semua laporan yang diberikan disertai bukti serta data yang valid. Sebelum melaporkan masalah PDAM, menurut Hermanto pernyataan Abraham masih normatif. Dia meminta agar Abraham memberikan data lebih detail lagi tentang kebocoran yang dimaksud ada pada titik mana.

"Dewan bisa saja membentuk pansus. Tapi, ya itu syaratnya data yang diberikan Abraham pada kami valid. Kalau bisa semua saja data kebocoran PAD diberikan. Supaya dewan enak memanggil mereka," jelas Hermanto.

Terpisah, Abraham mengaku siap memberikan semua data yang dibutuhkan terlebih seperti yang diminta anggota dewan. Abraham juga enggan dipanggil bupati ke pendopo karena dikhawatirkan menimbulkan asumsi politik.

"Asisten pemerintahan menelepon saya untuk datang ke Pendopo. Saya tidak akan mau, kecuali saya menghadap di ruang kerjanya di Pemkab Cirebon dan saat jam kerja. Ngapain saya ke Pendopo. Dan ini bukan pemanggilan, istilahnya hayu kita briefing bareng di ruang kerja bupati," jelasnya.

Abraham menambahkan, kalaupun nanti akan bertemu bupati nantinya esensi yang disampaikan harus jelas. Intinya, dia mengaku siap menjelaskan untuk kebaikan masyarakat Kabupaten Cirebon dan memperbaiki sistem birokrasi Pemkab Cirebon. (Maman Suharman)