Niatnya Sih Tambah Stamina, Ujungnya Penjara

Niatnya Sih Tambah Stamina, Ujungnya Penjara
ilustrasi

INILAH, Surabaya - Bambang Irawan bin Munaji hanya bisa pasrah saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Maryani Melindawati menuntut pidana penjara selama enam tahun pada dirinya, Senin (27/7/2020).

Bambang yang mengaku mengkonsumsi sabu-sabu untuk menambah stamina saat bekerja sebagai kuli bangunan ini juga diharuskan membayar denda sebesar Rp 1 miliar, apabila tidak mampu dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama tiga bulan.

"Terdakwa terbukti melanggar pasal 114 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika," ujar JPU dalam tuntutannya.

Atas tuntutan itu, Bambang melalui kuasa hukumnya mengajukan nota keberatan lantaran tuntutan enam tahun tersebut terlalu berat baginya. "Saya keberatan yang mulia, mohon keringanan," kata Bambang.


Kemudian Ketua Hakim Muhammad Firza memberi kesempatan satu minggu untuk mengajukan pembelaan selama seminggu sebelum menutup persidangan siang kemarin.

"Baik kami beri waktu seminggu ya, tanggal 3 minggu depan dilanjutkan," ujar Ketua Hakim Firza.

Diketahui sebelumnya, terdakwa mengaku mengkonsumsi sabu hanya untuk menjaga stamina ketika bekerja. Menurutnya, sebagai seorang kuli bangunan membutuhkan tenaga ekstra agar tidak mudah lelah. Akan tetapi yang dilakukannya malah membuat dirinya harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Terdakwa tidak hanya sebagai pemakai, namun juga menjual barang haram itu kepada terdakwa Suparman (dalam berkas terpisah). Usai menangkap terdakwa Supraman petugas Satresnarkoba Polrestabes Surabaya, mengamankan terdakwa Bambang di kawasan Pasar Mojo Agung Jombang, Jawa Timur.[beritajatim]