Amalan-amalan baik Dilakukan saat Idul Adha

Amalan-amalan baik Dilakukan saat Idul Adha
ilustrasi

Pada saat datangnya hari raya Idul Adha, ada beberapa amalan baik yang dapat dilakukan umat Islam. Berikut uraiannya.

  • Mengumandangkan takbir

Umat Islam disunahkan untuk mengucapkan takbir mulai dari tenggelamnya matahari (9 Zulhijah) hingga menjelang dilaksanakannya salat Iduladha dan berakhir pada hari Tasyrik, yaitu 13 Zulhijah. Takbir ini pun dapat dilakukan sendiri.

  • Mandi sebelum salat Idul Adha

Ali bin Abi Tholib RA (radhiyallahu ‘anhu), meriwayatkan bahwa mandi yang dianjurkan adalah mandi pada hari Jumat, hari Arafah, hari Idul Adha, dan Idulfiri (HR Al Baihaqi 3/278).

  • Memakai pakaian terbaik yang bersih dan untuk laki-laki gunakan parfum

Disunahkan untuk mengenakan pakaian terbaik dan bersih. Bagi laki-laki dianjurkan untuk menggunakan parfum, sedangkan perempuan dilarang menggunakannya. Perempuan juga tidak boleh berlebihan dalam berpakaian.

  • Berjalan kaki menuju tempat salat Ied

Saat menuju ke tempat pelaksanaan salat Ied, kita dianjurkan berjalan kaki agar saling bertegur sapa di jalan dengan umat Islam lain sehingga mempererat silaturahmi. Selain itu, dianjurkan pula berangkat lebih awal.

  • Tidak makan sebelum selesai salat Ied

Berbeda dengan hari raya Idulfitri yang disunahkan makan sebelum salat Ied. Ketika hari raya Idul Adha, umat Islam tidak dianjurkan makan hingga salat Id selesai.

Mama bisa melaksanakan amalan-amalan tersebut bersama keluarga sekaligus mengajarkan anak-anak mengenai keutamaannya. Insya Allah segala amal kita diterima oleh Allah SWT