Lelang Jabatan Sekda Kota Bogor Dibuka, 11 ASN Layak Daftar

Lelang Jabatan Sekda Kota Bogor Dibuka, 11 ASN Layak Daftar
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Pendaftaran calon sekretaris daerah (Sekda) Kota Bogor mulai dibuka Rabu (29/7/2020) besok. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor Taufik mengatakan, lelang jabatan Sekda itu ada 11 kandidat yang memenuhi syarat.

"Untuk seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama untuk jabatan Sekda yang akan habis 1 Oktober 2020. Kami usahakan tidak ada kekosongan jabatan pada saat Pak Sekda saat ini pensiun," kata Taufik, Selasa (28/7/2020).

Dia menegaskan, untuk keperluan lelang jabatan itu pihaknya mengikuti ketentuan UU No 5/2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) No 11/2017 tentang manajemen ASN. Pada pelaksanaannya nanti, lelang jabatan itu harus menunggu rekomendasi Komite ASN.

"Alhamdulillah rekomendasi Komite ASN itu kami dapat tadi pukul 15.00 WIB. Rencananya, Rabu (29/7/2020) besok ada pengumuman yang ditayangkan berkoordinasi dengan Dinas Kominfo dan Humas untuk ditayangkan media sosial dan media massa," tambahnya.

Dia menuturkan, pendaftaran saat pandemi Covid-19 ini seluruhnya dilakukan secara online. Nantinya, berkas dikirim ke BKPSDM untuk dijadikan arsip. Sesuai aturan, Panitia Seleksi (Pansel) akan diisi perwakilan tiga ASN dan empat akademisi. Mereka yakni Ketua Pansel Deputi Kemenerian Pemberdayaan Aparatur Negara Abba Subagya, Asisten 1 Provinsi Jawa Barat Ikeu, dan Direktur Pengembangan Kompetensi Kementerian Dalam Negeri.

"Dari eksternal ada itu wakil ketua yang akan diisi Rektor Universitas Pakuan Bibin Rubini. Anggotanya, antara lain Rektor IPB Arif Satria, Kepala Pusbang ASN Jalis, dan Mustofa dari unsur profesional," tegasnya.

Rencananya, pengumuman pendaftaran dilakukan selama 15 hari kerja. Tepatnya, mulai 29 Juli hingga 21 Agustus 2020. Kemudian, seleksi administrasi 24-25 Agustus 2020, pengumuman hasil seleksi administrasi 26 Agustus 2020. Akhirnya, dokumen administrasi itu diserahkan kepada Pansel pada 27-28 Agustus 2020. (Rizki Mauludi)