Huawei: Ekosistem HMS Berkembang Pesat

Huawei: Ekosistem HMS Berkembang Pesat
istimewa

INILAH,  Jakarta - Huawei telah mengumumkan perkembangan terbaru dari ekosistem Huawei Mobile Services (HMS) dan AppGallery dalam acara 19th China Internet Conference pada 23 Juli lalu.

Ekosistem HMS telah tumbuh dengan pesat dan berhasil mencapai 700 juta pengguna perangkat secara global dengan pertumbuhan sebesar 32 persen dari tahun ke tahun.

Angka dari jumlah developer Huawei yang terdaftar di seluruh dunia mencapai 1.6 juta, dengan kenaikan sebesar 76 persen dari tahun ke tahun dan lebih dari 81.000 aplikasi inovatif yang telah terintegrasi dengan kapabilitas terbuka HMS Core.

Selama lebih dari 30 tahun, Huawei telah bekerja sama dengan para mitra untuk menghadirkan konektivitas digital yang lebih baik bagi banyak orang dan komunitas di seluruh dunia.

Huawei percaya bahwa di dunia yang saat ini semakin digerakan oleh teknologi, tidak boleh ada orang yang tertinggal. Huawei berupaya untuk mendorong para developer inovatif di seluruh dunia untuk bekerja sama dengan HMS guna menghadirkan pengalaman yang lebih baik dan cerdas untuk konsumen.

Sebelumnya, Huawei telah mengumumkan program 'Shining Star Program' senilai US$1 miliar sebagai insentif kepada developer global. Lebih dari 10.000 aplikasi inovatif sejak itu telah memperoleh manfaat dari program tersebut.

"AppGallery sebagai platform distribusi aplikasi resmi Huawei mencakup lebih dari 170 negara dan wilayah. Dengan cakupan yang luas ini, kami berharap dapat berbagi inovasi digital lokal dengan dunia. Kami ingin setiap aplikasi inovatif yang dikembangkan oleh mitra global kami dapat menjangkau 700 juta pengguna perangkat Huawei," ujar Zhang Pingan, President of Consumer Cloud Services Huawei Consumer Business Group, dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.

Bersamaan dengan itu, aplikasi HMS secara global seperti Huawei Video, Huawei Music, dan Huawei Reader telah membawa layanan dan konten berkualitas kepada konsumen di lebih banyak negara dan wilayah.

Huawei juga menghadirkan pengalaman kehidupan digital yang lebih cerdas dan nyaman kepada pengguna dengan layanan yang lebih inovatif, seperti Quick App, aplikasi bebas-pemasangan jenis baru, yang memberi pengguna pengalaman tap-to-use dengan memori yang lebih minim.

Selain itu, terdapat kemampuan yang ditenagai oleh teknologi Huawei Al mencakup kemampuan konten, kemampuan kartu dan kemampuan aplikasi, yang memungkinkan layanan berkualitas tinggi untuk didistribusikan secara efisien kepada pengguna di seluruh dunia.

Untuk membantu mitra global dan developer dalam berinovasi, Huawei menghadirkan kapabilitas 'Chipset-Device-Cloud' melalui HMS Core sehingga dapat memberikan para developer akses untuk Huawei's Machine Learning Kit, HiAl, AR Engine, dan lain sebagainya.

HMS Core 5.0 sekarang telah tersedia secara global dan akan menyediakan kapabilitas perangkat lunak dan perangkat keras Huawei untuk meningkatkan pengalaman pengguna di seluruh dunia.

Selain itu, Huawei menawarkan one-stop, full-spectrum app development support di 67 area melalui AppGallery Connect yang mampu membantu mengembang berinovasi dan melakukan operasi yang efisien.

Saat ini, HMS telah mendirikan enam pusat regional di seluruh dunia. Huawei menawarkan layanan terlokalisasi secara global melalui DIGIX Lab, Huawei Developers, Huawei Developer Day, dan banyak peluang lainnya.

Di dunia yang sepenuhnya terhubung, Huawei berupaya mendorong inovasi dalam pengembangan teknologi dan aplikasi di antara para developer global. (inilah.com)