Camat Antapani Kukuhkan Pengurus FKDM

Camat Antapani Kukuhkan Pengurus FKDM
Camat Antapani Dra. Rachmawati Mulia, M.Si. mengukuhkan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Antapani. (istimewa)

INILAH, Bandung - Bertempat di Aula Kecamatan, Camat Antapani Dra. Rachmawati Mulia, M.Si. mengukuhkan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Antapani masa bakti 2020-2024 di Bandung, Selasa (28/7/2020).

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua FKDM Kota Bandung Haryono, Kabid Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Kota Bandung Tatang Hamdani, aparat Polsek Antapani, Lurah se-Kecamatan Antapani, dan lembaga kemasyarakatan se-Kecamatan Antapani.

FKDM merupakan lembaga kemasyarakatan di bawah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, selain Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Rahmawati Mulia mengatakan bahwa sesuai tupoksi, FKDM Kecamatan adalah intelijennya kecamatan dan merupakan mitra kerja. Jadi, selain ada Pak Kapolsek, Pak Danramil, dan di kecamatan ada Kasi Trantib.

“Alhamdulillah di kecamatan Antapani, kami punya mitra kerja lain di bidang kewaspadaan dini masyarakat. Wilayah Antapani terbayang oleh saya batas-batas wilayahnya, kecil sih, tapi penduduknya luar biasa ada 72 ribu penduduk, kemudian ada 62 RW, ada masjid 93 bangunan. Dengan kepadatan penduduk yang luar biasa hanya punya lapang terbuka hijaunya satu, Lapangan Gasmin,” ujarnya.

Di samping itu, Wakil Ketua FKDM Kota Bandung Haryono mengatakan terima kasih kepada Camat Antapani yang telah memberi tempat kepada FKDM Antapani dengan acara pengukuhannya. “FKDM Antapani ini membantu sebagai mata dan telinga Camat Antapani apabila di wilayah Kecamatan Antapani ada ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan ini, laporkan kepada Bu Camat,” ujarnya saat memberi sambutan.

“FKDM Antapani harus terus jalin kemitraan dengan Kapolsek, Koramil, semoga berperan dan bisa membantu tugas-tugas Bu Camat. Dengan bantuan kemitraan ini semoga wilayah Antapani selalu kondusif, atau walaupun ada, minimal bisa mengurangi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang ada,” katanya.

Kemudian, dalam sambutannya Tatang Hamdani menyampaikan, “Kepada Ketua FKDM Antapani dan jajaran pengurus, selamat bertugas hari ini resmi telah dikukuhkan oleh Bu Camat. Kami titip rekan-rekan kami FKDM sebagai mitra kerja pemerintah.”

Menurut Tatang Hamdani, di Kesbangpol Kota Bandung ada tiga lembaga kemasyarakatan pelat merah, yaitu Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

“Silakan Ketua dan pengurus FKDM ada potensi modal sosial, di pemerintahan ada lembaga kemasyarakatan, mereka juga mitra kerja FKDM, bisa saling berkomunikasi antar masyarakat melalui lembaga yang sudah ada, baik dengan RW, dengan Penggerak PKK, rekan-rekan Karang Taruna, LPM, apapun itu komunitas/lembaga kemasyarakatan yang ada di lingkungan,” pungkasnya. (sur)