Cemen....Ferrari Angkat Bendera Putih

Cemen....Ferrari Angkat Bendera Putih

INILAH, Milan - Masih panjang persaingan balapan Formula 1 musim ini. Tapi, Ferrari sudah angkat bendera putih. Mereka bahkan bilang tak mungkin bisa bersaing sebelum 2022.

Ketua Ferrari, John Elkann, mengakui timnya takkan berada dalam posisi memenangkan Formula 1 sebelum tahun 2022. Tahun itu dijadwalkan dilakukan perubahan regulasi.

Banyak perubahan yang akan terjadi ihwal regulasi teknis nantinya. Regulasi ini, awalnya, akan diperkenalkan tahun 2021. Tapi, terpaksa ditunda hingga 202 menyusul beratnya beban yang dihadapi tim-tim Formula 1 sebagai konsekuensi pandemi corona.

Ferrari mengalami start yang buruk di musim 2020 ini setelah keliru arah dengan konsep desain mobilnya musim ini. Dengan terbatasnya skop pengembangan tahun depan, tim Italia itu diperhitungkan akan tetap tertatih-tatih pada musim balapan 2021.

Berbicara kepada La Gazzetta dello Sport, John Elkan meminta para penggemarnya untuk bersabar. Dia juga menunjukkan kepercayaan yang total terhadap Prinsipal Tim Mattia Binotto.

"Musim ini kami tak bisa bersaing karena kesalahan dalam desain mobil. Kami memiliki sejumlah kelemahan struktural yang bertahan beberapa lama, termasuk dalam hal aerodinaika dan dinamika kendaraan. Kami juga kehilangan kekuatan mesin," ujarnya.

Pendeknya, menutut John Elkann, mobil Ferrari tak kompetitif. Itu bisa terlihat di lintasan balapan.

"Kami membangun fondasi untuk kompetitif dan kembali memenangkan gelar ketika perubahan aturan pada 2022. Saya percaya itu. Binotto memiliki karakteristik dan skill untuk memulai siklus kemenangan baru," tambahnya.