Telkom University Kembali Menduduki Peringkat 1 Webometrics PTS

Telkom University Kembali Menduduki Peringkat 1 Webometrics PTS
Ilustrasi (net)

INILAH, Bandung - Telkom University meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta No.1 di Indonesia, dengan Indikator penilaian berbasis output dan outcome base dari situs halaman resmi www.webometrics.info.

Webometrics merupakan suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website yang dinilai dari 4 komponen yaitu, presence, visibility, tranparency (openness) dan excellence (scholar).

Untuk komponen presence dinilai dari ukuran (jumlah halaman) dari domain web utama institusi dengan bobot sebesar 5 persen, komponen visibility dinilai dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke halaman web institusi dengan bobot sebesar 50 persen.

Kemudian, komponen tranparency (openness) dinilai dari jumlah kutipan dari 110 authors teratas dengan bobot sebesar 10 persen. Serta, komponen excellence dinilai dari jumlah makalah di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip selama periode lima tahun (2013-2017).

Webometrics sendiri setiap tahun mengumumkan peringkat universitas dunia berdasarkan kinerja websitenya di bulan Januari dan Juli, dan pada Januari 2020, Telkom University menempati peringkat 2.405 dunia sedangkan pada Juli 2020 telah meningkat menjadi peringkat 1.435 dunia dan peringkat 5 di Indonesia.

Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya mengatakan bahwa capaian yang diraih Tel-U dari tahun ke tahun merupakan bentuk komitmen Tel-U dalam memberikan mutu pendidikan yang baik untuk bangsa ini, karena generasi emas yang menjadi visi bangsa ini dihasilkan dari perguruan tinggi berkualitas di dalamnya.

“Ini merupakan sebuah komitmen kami untuk terus membuat mutu pendidikan tinggi di Indonesia lebih baik, dan semoga dari capaian ini bisa memotivasi seluruh civitas akademika dalam memberikan yang terbaik untuk kampus ini dan untuk bangsa Indonesia," ucap Prof. Adiwijaya, Rabu (28/7/2020).

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika yang telah mengharumkan nama Tel-U baik secara nasional dan internasional. “Terima kasih kepada seluruh civitas akademika yang telah bekerja keras dalam mengharumkan nama Tel-U, di tengah pandemi ini semoga kita selalu diberikan kesehatan agar bisa terus mencetak generasi yang baik untuk bangsa ini,” pungkasnya. (okky adiana)