Soal Sanksi Masker, Pemkot Bandung Ikuti Kebijakan Pemprov

Soal Sanksi Masker, Pemkot Bandung Ikuti Kebijakan Pemprov
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Yogo Triastopo)

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan tengah menyusun peraturan wali kota  terkait sanksi denda bagi warga masyarakat yang tidak menggunakan masker. 

"Kita sedang bahas oleh tim. Hari ini drafnya selesai," kata Oded di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Rabu (29/7/2020). 

Menurut dia, pemerintah kota akan mengikuti semua kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Termasuk sanksi sosial hingga denda Rp100.000 sampai Rp150.000.

Namun begitu, sanksi yang diberlakukan terhadap masyarakat akan diberikan secara bertahap. Pemerintah kota, bakal terlebih dahulu memberikan peringatan berupa teguran. 

"Poinnya kita akan mengikuti kebijakan provinsi. Tetapi nanti pelaksanaannya di lapangan, akan kita lakukan secara bertahap. Tidak langsung kita berikan sanksi denda," ujar dia. 

Diketahui, terhitung pekan ini, Pemprov Jabar akan memberlakukan aturan terkait penggunaan masker. Peraturan gubernur terkait pelanggaran protokol kesehatan, telah ditandatangani. (Yogo Triastopo)