DPRD: Belajar Daring Merupakan Pilihan Tepat

DPRD: Belajar Daring Merupakan Pilihan Tepat
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bandung Asep Sudrajat mengatakan, belajar di rumah menggunakan aplikasi daring saat ini merupakan pilihan tepat.

Meski demikian, politisi Partai Nasdem ini menyebutkan pemerintah harus dapat memberikan kemudahan jaringan internet. Sebab, biaya yang dikeluarkan siswa untuk pembelajaran jarak jauh itu tidak sedikit. 

“Ini artinya, Pemerintah Kota Bandung harus hadir di tengah masyarakat kurang mampu. Sediakan jaringan internet,” ujar Asep di Gedung DPRD Kota Bandung, Rabu (29/7/2020).

Dia menambahkan, kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring merupakan bukti pemerintah melindungi dan memenuhi hak pendidikan anak. Namun, disisi lain, melalui PJJ siswa didik membutuhkan kuota internet.

Pemkot Bandung diakunya harus dapat memberikan intensif dengan menyediakan kuota untuk siswa kurang mampu. Asep menyebutkan masih memungkinkan mengalihkan anggaran belanja pendidikan yang belum digunakan dialihkan untuk subsidi kuota internet.

“Menggeser anggaran belanja pendidikan yang bukan prioritas dapat menjadi salah satu solusi dalam membantu kebutuhan kuota internet siswa kurang mampu,” pungkasnya. (Okky Adiana)