Satpol PP Kabupaten Garut Sebar 70 Personel di Ruang Publik

Satpol PP Kabupaten Garut Sebar 70 Personel di Ruang Publik
Istimewa

INILAH, Garut- Guna memastikan penerapan protokol kesehatan di ruang publik dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 sejak memasuki pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru/new normal, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut menurunkan sebanyak 70 personel. 

Menurut Sekretaris Satpol PP Iwan Riswandi, para personil Satpol PP tersebut disebar di sejumlah titik keramaian kota, seperti mall, toserba, dan rumah sakit.

Dalam pelaksanaannya, personil Satpol PP diperbantukan dalam tim gabungan bersama personil TNI/Polri untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Antara lain pembiasaan pemakaian masker, dan cuci tangan memakai air mengalir atau sanitizer.

"Kita juga memberikan arahan kepada petugas/security perusahaan dalam melaksanakan protokol kesehatan kepada pengunjung," ujar Iwan, Rabu (29/7/2020).

Dia menuturkan, di setiap mall dan pusat perbelanjaan di wilayah Kecamatan Garut Kota, tim gabungan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada para pengunjung. Mereka yang kedapatan tidak mengenakan masker maka disarankan mencari atau membeli masker, atau kembali pulang.

"Untuk penerapan protokol kesehatan di mall,  tindakan dilakukan oleh security perusahaan. Sedangkan bagi OPD (organisasi perangkat daerah), diberikan teguran lisan untuk segera menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerja sebagaimana ketentuan," kata Iwan didampingi Kepala Bidang Ketentaraman dan Ketertiban Umum Muhammad Topan Sandi.(zainulmukhtar)