Ajip Rosidi Dikebumikan Berdampingan dengan Pusara Istri di Magelang 

Ajip Rosidi Dikebumikan Berdampingan dengan Pusara Istri di Magelang 
net

INILAH, Bandung - Sastrawan Sunda Etti RS menyebutkan, jenazah Ajip Rosidi akan dikuburkan di Magelang. Tempatnya berdampingan dengan istri yang sejak lama mendahuluinya.

"Kabar yang saya terima, jenazahnya akan dikuburkan di Magelang. Berdampingan dengan kuburan istrinya," kata Etti kepada Inilah Koran, Kamis (30/7/2020).

Disinggung mengenai sosok Ajip, Etti menyebutkan sastrawan asal Majalengka itu 'galak'. Bahkan, pernyataan yang dikeluarkan kerap menyinggung perasaan orang lain.

"Meski 'galak' yang menjadi kelemahan itu terkubur dengan segala kebaikan, kecintaan dan jasanya terhadap kebudayaan Sunda," ujar Wakil Ketua Yayasan Kebudayaan Rancage itu.

Dia pun menyebutkan, tak sedikit hasil karyanya menyanjung tinggi kebudayaan Sunda. Sebut saja seperti Ensiklopedia Sunda yang disusun bersama-sama selama 1992-2000. Tak hanya buku, Ajip pun aktif terlibat dalam pelaksanaaan Konferensi Internasional Budaya Sunda I dan II pada 2001 dan 2011.

Lebih jauh Etti mengaku ada cita-cita luhur yang belum direalisasikan. Yakni, keinginan untuk menerbitkan naskah-naskah kuno tentang kesundaan.

"Untuk menerbitkan lagi naskah kuno itu dia mengajak sahabatnya, Sultan Arief dari Cirebon. Keduanya ada kesamaan visi memandang nilai-nilai budaya," ujarnya seraya menyebutkan meninggalnya Ajip itu seakan menyusul Sultan Cirebon PRA Arief Natadiningrat yang beberapa waktu lalu tutup usia. (dnr)