Pojok Bandung Akan Hadir di Braunschweig Jerman

Pojok Bandung Akan Hadir di Braunschweig Jerman
Ilustrasi (yogo triastopo)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membuat pojok Bandung di Kota Braunschweig Jerman. Hal itu dinilai mampu mengembangkan ekonomi kreatif dan pariwisata Kota Bandung di tingkat internasional.

Hal ini sesuai usulan Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Hamburg Jerman, Ardian Wicaksono saat berkonferensi video dengan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang dilakukan belum lama ini.

“Sangat menarik kita bisa menampilkan produk-produk unggulan UMKM Kota Bandung,” kata Yana di Bandung Command Center.

Sebagai langkah awal, dia mengaku telah menginstruksikan perangkat daerah untuk mengidentifikasi program-program prioritas. Dirinya pun berharap, kerja sama ini akan salin menguntungkan bagi kedua pihak.

“Sudah ada arahan secara tertulis dari Pak Sekda melalui surat edaran kepada perangkat daerah. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita bisa susun rencana dan implementasinya sehingga dapat segera kita realisasikan,” ucapnya.

Sementara itu, Konjen RI untuk Hamburg, Ardian Wicaksono menilai kerja sama antara Kota Bandung dengan Kota Braunschweig sangat baik. Dia berharap di masa pandemi sekalipun, ada peluang untuk melakukan kerja sama.

“Mudah-mudahan pada masa pandemi Covid-19 ini ada kesempatan dan peluang baru untuk kerja sama baru,” kata Ardian yang satu baru sebulan menjabat Konjen RI untuk Hamburg tersebut.

Kegiatan ini bertepatan dengan peringatan kota sister city ke-60 tahun, dia mengatakan telah sangat siap untuk membantu dalam memfasilitasi kerja sama Kota Bandung dengan Braunschweig.

“Akan coba kami bantu untuk proses kerja samanya. Idenya sangat menarik akan kami koordinasikan ke Pemkot Braunschweig,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemkot Bandung dan Kota Braunchweig berencana memperingati hubungan sister city kedua kota yang ke-60 pada bulan Juni 2020. Namun rencana tersebut ditunda menjadi 2021 dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

Diketahui, Kota Bandung dengan Braunschweig telah menjadi sister city. Hal itu telah terjalin selama 60 tahun. (yogo triastopo)