Jazz Taklukkan Pelicans untuk Tandai Dimulainya Kembali NBA

Jazz Taklukkan Pelicans untuk Tandai Dimulainya Kembali NBA
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Rudy Gobert menjadi aktor penentu kemenangan saat ia memasukkan dua lemparan bebas dengan waktu pertandingan menyisakan 6,9 detik, saat Utah Jazz menaklukkan New Orleans Pelicans dengan skor 106-104, Kamis setempat.

Pertandingan itu merupakan laga NBA perdana yang dimainkan setelah kompetisi tertangguhkan sejak Maret akibat pandemi Covid-19, demikian dilaporkan Reuters.

Keunggulan itu dapat dipertahankan setelah Brandon Ingram gagal memasukkan lemparan tiga poin dengan waktu pertandingan menyisakan satu detik. Jazz pun mengungguli Pelicans 27-17 pada kuarter keempat.

Pertandingan itu dimainkan di ESPN Wide World of Sports Complex, dekat Orlando, Florida. NBA akan menyelesaikan musim ini dengan semua tim dikumpulkan di wilayah tersebut.

Sebelum pertandingan, semua pemain, pelatih, dan anggota staf bersama para ofisial berlutut saat lagu kebangsaan AS dinyanyikan. Para pemain mengenakan kaus bertuliskan "BLACK LIVE MATTER," yang juga tercantum di lapangan. Sebagian di antara mereka saling meletakkan tangan di bahu rekan sebelahnya, sebagian lagi mengepalkan tangan dan mengacungkan ke atas.

Jordan Clarkson tampil sebagai pemain pengganti untuk menyumbang 23 poin bagi Utah. Mike Conley dan Donovan Mitchell masing-masing menyumbang 20 poin, Gobert mengemas 14 poin dan 12 rebound, Joe Ingles mencetak 13 poin dan Royce O'Neale menyumbang 12 poin.

Ingram memimpin New Orleans dengan 23 poin. JJ Redick mencetak 21 poin, Jrue Holiday mengemas 20 poin, Zion Williamson 13 poin, dan Josh Hart sepuluh poin. Williamson bermain selama 15 menit ketika ia masih berupaya memulihkan kebugaran setelah dikarantina akibat sempat meninggalkan pemusatan tim NBA (bubble) karena urusan keluarga.

Jazz berada dalam posisi tertinggal pada sebagian besar jalannya pertandingan, namun mampu mendekat sehingga hanya tertinggal dua poin melalui layup Conley pada awal kuarter keempat.

Ingram mengukir satu poin dan E'Twaun Moore memasukkan lemparan tiga poin untuk memperbesar keunggulan Pelicans menjadi 96-89.

Pelicans kemudian menurunkan tempo permainan. Clarkson mengemas tiga poin dan memberi assist untuk layup Gobert. Setelah Ingram memasukkan technical freethrow, O'Neale dan Mitchell menyumbang poin, dan Utah memimpin 98-97 dengan empat menit tersisa.

Setelah kedua kubu saling bergantian menyerang, Redick memasukkan lemparan tiga poin saat pertandingan menyisakan 1:02.

Mitchell membawa timnya unggul dengan memasukkan dua lemparan bebas, namun Ingram menjawabnya dengan dua lemparan bebas dengan waktu tersisa 32 detik sebelum Gobert mengamankan kemenangan Utah.

Pelicans memimpin 12 poin saat pergantian babak, namun Jazz memasukkan lima poin pertama di kuarter ketiga sebelum mendekati perolehan poin lawan menjadi 65-60. Holiday mengukir poin beruntun untuk membantu New Orleans memperbesar keunggulan menjadi 71-60.

Jazz kemudian mendekat lagi menjadi 75-71 melalui poin yang diukir Clarkson, namun Pelicans mengakhiri kuarter itu dengan catatan apik.

Redick memasukkan dua lemparan tiga poin, dan Hart memasukkan satu lemparan tiga poin ketika New Orleans memperbesar keunggulan mereka menjadi sepuluh poin, sebelum kemudian mengamankan keunggulan 87-79 di akhir kuarter. (antara)