Dompet Dhuafa Datangkan Hewan Kurban ke Kampung Mualaf Baduy

Dompet Dhuafa Datangkan Hewan Kurban ke Kampung Mualaf Baduy
istimewa

INILAH, Bandung - Pandemi Covid-19 mernutuhkan bisnis pariwisata. Kampung Baduy sebagai desa wisata favorit merasakan lesunya perekonomian akibat berkurangnya wisatawan.

Untuk itu, Dompet Dhuafa kali ini membantu dengan menyediakan hewan kurban. Seekor sapi diberikan untuk tiga titik lokasi yaitu Kampung Lebak Pandeuy, Landeuh, dan Cempaka. 

Penanggung Jawab Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Sofa mengatakan, dengan adanya program Tebar Hewan Kurban itu diharapkan dapat meringankan masyarakat di tiga ampung tersebut.

“Dompet Dhuafa Banten langsung berinisiatif mendatangkan hewan kurban untuk membantu masyarakat di Kampung Mualaf Baduy, Lebak, Banten. Efek domino di tengah pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi ekonomi keluarga bagi mereka. Bahkan mereka belum bisa memikirkan akan berkurban tahun ini, namun dengan tersedianya sapi untuk dikurban masyarakat dapat menghemat setidaknya dalam pembelian daging untuk pemenuhan gizi keluarga,” tutur Sofa dalam rilis, Minggu (2/8/2020).

Kepala Kampung Mualaf Usro mengatakan, dudah tiga bulan belakangan ini geliat wisata di Baduy menurun drastis. Padahal, dalam kondisi normal etiap hari libur itu para wisatawan dari Jakarta maupun sekitarnya, berkunjung bahkan beberapa rumah penginapan penuh.

“Sepi pengunjung di kampung kami selama pandemi Covid-19 membuat kami untuk berpikir kembali dalam menggali potensi ekonomi. Warga akhirnya kembali terjun ke sawah, beternak hingga bercocok tanam sayur mayur. Padahal prosedur selama masa kenormalan baru sudah kami terapkan, namun keadaan belum berubah," kata Usro. (*)