Besok, Bus JRC Mulai Beroperasi dari Taman Sari Persada

Besok, Bus JRC Mulai Beroperasi dari Taman Sari Persada
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Awal pekan ini, masyarakat Kota Bogor yang beraktivitas dan bekerja di DKI Jakarta kini memiliki alternatif moda transportasi umum selain KRL commuter line. Kendaraan bus Jabodetabek Residence Connexion (JRC) mulai beroperasi Senin (3/8/2020) besok.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, rute bus JRC itu berawal dari Perumahan Taman Sari Persada Bogor, Kecamatan Tanah Sareal. Lengkapnya, setiap armada bus itu akan melayani rute Taman Sari Persada-Blok M dan Taman Sari Persada-Juanda pp.

"Mulai 3 Agustus 2020, ada alternatif moda transportasi dari Bogor ke Jakarta," kata Dedie, Minggu (2/8/2020).

Menurutnya, potensi angkutan massal di Kota Bogor relatif tinggi. Jika dilihat dari enam kecamatan, dia menyebutkan setidaknya ada enam titik awal dan akhir.

Sementara itu, Direktur Perum PPD Pande Putu Yasa menjelaskan dua rute awal yang dibuka merupakan rute pertama bagi PPD masuk Kota Bogor. Ke depan, pihaknya berharap ada lintasan atau trayek lain untuk dilayani. Dengan bantuan Kemenhub, pihaknya mendorong masyarakat menggunakan angkutan umum untuk mendukung agar pemerintah memberikan subsidi silang untuk tarifnya agar bisa dijangkau masyarakat.

"Di Bogor kami usulkan 27 trayek ke BPTJ dan berharap bisa diisi semua, sehingga mampu mengurangi penumpukkan penumpang kereta listrik," ungkap Pande Putu Yasa dalam keterangan tertulis.

Pande membeberkan, untuk uji coba itu Perum PPD menyediakan lima armada dengan jumlah kapasitas 50-70 persen dari total kapasitas. Selama masa uji coba, setiap penumpang dikenakan tarif Rp15 ribu.

"Untuk warga Kota Bogor yang ingin ke Jakarta, ada tiga waktu pemberangkatan pada pagi hari. Yakni pukul 05.30 WIB, 06.00 WIB, dan 09.00 WIB. Sedangkan, untuk waktu pulang dari Blok M dan Juanda pada sore hari jadwalnya pukul 16.30 WIB, 17.20 WIB, dan 20.00 WIB. Untuk informasi layanan warga bisa menghubungi via Whatsapp 08111950055," ucapnya. (Rizki Mauludi)