Betul Gitu Obat Herbal Bikinan Hadi Pranoto Sembuhkan Covid-19?

Betul Gitu Obat Herbal Bikinan Hadi Pranoto Sembuhkan Covid-19?
hadi pranoto/foto: INILAH/Rizky Mauludi

INILAH, Bandung-Hadi Pranoto menyatakan obat herbal covid-19 dibuat dari bahan alami. Menurut dia, semua bahan herbal ini murni buatan anak Indonesia dan bahan bakunya 100 persen dari Indonesia.

 

“Tanpa ada sedikitpun bahan kimia yang terkandung di dalamnya,” tutur  Hadi, Senin (3/8/2020).

 

Dalam proses pembuatannya, kata Hadi, dia lebih dulu melakukan riset dengan biaya mandiri. Oleh, karena itu, Hadi ingin menyampaikan kepada pemangku kebijakan dan lembaga terkait dengan hasil temuan diharapkan memberikan ruang untuk ramuan tersebut.

 

“ Kami melakukan riset secara independen kami melakukan riset dengan biaya kami sendiri, tidak mengunakan anggaran negara, tidak meminta kepada negara mengunakan uang rakyat. Ini hasil karya anak bangsa," bebernya.

 

Ia juga mengatakan, seyogyanya kalau memang ada lembaga yang merasa keberatan dengan uji klinis ini mari bersama sama lakukan uji klinis, kalau memang herbal bermanfaat untuk yang saat ini terjangkit Covid-19, bisa diteruskan.

 

“Tetapi kalau herbal ini ternyata terbukti tidak ada manfaatnya dan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan harus dibuang dan dilupakan,” jelasnya. 

 

Dia menyatakan sudah melakukan uji ramun herbal tersebut kepada pasien covid-19.  Hasilnya berdampak baik dan positif sembuh.

 

“Perhitungan kami satu botol ukuran 100 ml ini adalah untuk satu nyawa manusia. Jadi kita perhitungkan kalau besok kami produksi masal, 300 juta botol kami bagikan ke seluruh rakyat Indonesia. Saya harapkan Indonesia adalah negara yang pertama kali bebas Covid-19," terangnya. (rizky mauludi)