Hebat, Penelitian Obat Herbal Covid-19 Hadi Pranoto Sejak Tahun 2000

Hebat, Penelitian Obat Herbal Covid-19 Hadi Pranoto Sejak Tahun 2000
Hadi Pranoto/ foto: INILAH/Rizky Mauludi

INILAH, Bogor-Hadi Pranoto mengaku, penelitian membuat ramuan herbal sudah lama sekali dari tahun 2000. Kebetulan, ada komunitas kecil yang melakukan kegiatan penelitian di luar kebiasaan pekerjaan.

“Kemudian kita lakukan penyamaan genetik Covid-19 waktu meledak di Wuhan ternyata herbal yang ada ini bisa membunuh atau menetralisir,” kata Hadi, Senin (3/8/2020).

Disinggung obat herbal tersebut sudah ada lisensi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Hadi menyatakan, masalah lesensi dari IDI sebetulnya sebenarnya sudah komunikasi. Dia mengaku berusaha menyampaikan kepada lembaga terkait.

“Tetapi teman-teman bisa merasakan, setiap masyakat yang datang ke lembaga tinggi itu kan selalu ditanya bapak sudah ada janji atau belum. Kalau belum akan dikasih waktu nanti dihubungi. Baik kita menunggu seharusnya ini dengan adanya temuan masyarakat seperti ini yang peduli dengan nyawa saudara-saudraa kita, mereka yang sudah diberikan fasilitas oleh negara harusnya jemput bola,” paparnya.

“Secara ujiklinis sudah dilakukan secara independen, tetapi kalau yang mendapatkan sertifikasi untuk ini uji klinis kami harapkan lembaga-lembaga terkait yang melakukan," tambahnya. (Rizky Mauludi)