Tahun Depan, Lahan Waduk Cibeet Dibebaskan, Lalu Waduk Cijuray

Tahun Depan, Lahan Waduk Cibeet Dibebaskan, Lalu Waduk Cijuray

INILAH, Cariu – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat semakin serius membangun Waduk Cibeet dan Waduk Cijuray yang berada di bagian timur Kabupaten Bogor.

Hal itu karena lahan calon lokasi proyek pembangunan Waduk Cibeet di Kecamatan Tanjungsari dan Waduk Cijuray di Kecamatan Cariu akan dibebaskan pada Tahun 2021 mendatang.

"Tahun 2021 lahan calon lokasi proyek pembangunan Waduk Cibeet di Kecamatan Tanjungsari. Waduk Cijuray di Kecamatan Cariu akan dibebaskan pada Tahun 2022, lalu akan dilelang pekerjaan pembangunannya pada Tahun 2022 mendatang," kata Bupati Bogor Ade Yasin kepada wartawan, Selasa, (4/8).

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kabupaten Bogor Syarifah Sopiah Dwikorawati menuturkan pembebasan lahan calon pembangunan Waduk Cibeet akan lebih dahulu dibandingkan Waduk Cijuray.

"Kenapa lebih dahulu pembebasan lahan calon pembangunan Waduk Cibeet karena proyeknya lebih dahulu yaitu pada Tahun 2015 lalu, sementara rencana pembangunan Waduk Cijuray baru dilakukan tahun 2020," tutur Syarifah.

Wanita alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menambahkan untuk rencana proyek pembangunan Waduk Cijuray  Detail Enginering Designnya (DED) sedang dikerjakan oleh Pemkab Bogor.

"Karena pembangunan Waduk Cijuray ini usulan Pemkab Bogor  maka DED proyek pembangunan Waduk Cijuray kita yang buat, nanti mungkin ada revisi atau perubahan sedikit dari BBWS Citarum," tambahnya. (reza zurifwan)