Buruan Daftar....Ada Hibah Rp2,4 Juta untuk UMKM di Kota Bandung

Buruan Daftar....Ada Hibah Rp2,4 Juta untuk UMKM di Kota Bandung

INILAH, Bandung - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung dapat memperoleh dana hibah sebesar Rp 2.4 juta dari pemerintah pusat. Dana itu diberikan dalam rangka pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Atet Dedi Handiman, pelaku UMKM dapat mendaftar dengan batas waktu pendaftaran hingga 31 Agustus mendatang agar bisa mendapatkan dana dari Kementerian Koperasi dan UMKM ini.

"Program ini sudah berjalan dari 1 Juni dan semuanya hibah. Besar dana ini kembali naik menjadi 2.4 juta," kata Atet di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Selasa (4/8/2020).

Dijelaskan dia, bantuan di awal program adalah Rp 1.5 juta. Dana Rp 1 juta, merupakan dana pinjaman dan akan dikembalikan dalam kurun waktu 12 bulan tanpa bunga. Sementara dana Rp 500 ribu adalah dana hibah.

Menurutnya, dana Rp 1 juta tersebut merupakan pinjaman dan dikembalikan kurun waktu 12 bulan tanpa bunga sedangkan dana Rp 500 ribu merupakan hibah. Katanya, peminat program tersebut di Bandung relatif sedikit.

"Peminat program di Kota Bandung relatif sedikit, karena binaan kita yang sudah skill up. Kalau jnji betul non formal, syaratnya tidak berizin, bukan wajib pajak dan bukan penduduk Bandung, yang penting berusaha di Bandung," ucapnya.

Atet menyebut, pendaftar di awal bukanya program ini terbilang relatif sedikit yakni sekitar 900 pendaftar saja. Akan tetapi, jumlah pendaftar meningkat tajam setelah nilai dana menjadi Rp 2.4 juta dan berbentuk dana hibah.

"Yang mendaftar mencapai 2500 orang ketika nilainya naik menjadi Rp 2.4 juta. Pencairan sambil berjalan, tetapi belum bisa banyak memberikan penjelasan teknis karena juklak juknisnya belum turun. Target 75 ribu pelaku UMKM," ujar dia.

Ditambahkan dia, pelaku UMKM yang ingin mendaftar bisa melalui aplikasi whatsapp, email atau datang langsung ke Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung untuk mendapatkan penjelaskan secara langsung. (Yogo Triastopo)