Satu Pegawai Positif, Pegawai Dishub Di-Swab Test

Satu Pegawai Positif, Pegawai Dishub Di-Swab Test
Ilustrasi (maman suharman)

INILAH, Cirebon - Satu pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu. Sejumlah pegawai Dishub di-swab test massal, bertempat di Dinkes Kabupaten Cirebon, Selasa (4/8/2020).  Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran yang lebih luas di kantor tersebut.

Pantauan di lapangan terlihat, satu per satu pegawai langsung mendatangi Dinkes untuk mendaftarkan. Usai registrasi, mereka diambil sampel melalui hidung oleh petugas Dinkes. Terlihat, raut tegang terlihat di beberapa pegawai sebelum proses pengambilan sampel. Namun, usai di-swab test mereka mengaku lega dan tinggal menunggu hasilnya.

Sekretaris Dishub Adang Suryana yang ditemui di lokasi mengatakan, ada 50 pegawai Dishub yang mengikuti swab test. Jumlah tersebut didapat setelah dilakukan tracing serta tracking terhadap pasien positif.

"Kalau jumlah pegawai kita ada 170 orang. Sekarang yang diambil swab hanya 50 orang karena itu kuota dari Dinkes. Kita lihat hasilnya nanti seperti apa," kata Adang.

Menurutnya, pegawai yang terkonfirmasi positif, saat ini sudah melakukan isolasi. Pegawai tersebut, tiga hari melakukan perjalanan dinas berupa pelatihan ke Yogyakarta. Saat pulang,  langsung ke rumah sakit untuk swab test dan begitu tahu hasilnya, dia langsung ke rumah sakit untuk isolasi.

"Kontak juga sebetulnya tidak banyak dengan orang kantor. Pas datang, hanya kontak dengan penjaga malam saja," ungkap Adang

Disinggung mengenai pengetatan pengunjung dan pegawai di kantor Dishub, Adang menegaskan protokol kesehatan telah diperketat. Bahkan, Adang menyebut pegawai yang tidak menggunakan masker dan memiliki suhu tubuh tinggi, tidak diperkenankan masuk kantor.

"Jelas sudah diperketat. Kita tidak ingin jadi klaster penyebaran Covid di Dishub. Jangankan untuk pengunjung, pegawai juga kita perketat agar semuanya terkendali," tutupnya. (maman suharman)