Dua Tahun Gempa Lombok, 91 Orang Meninggal

Dua Tahun Gempa Lombok, 91 Orang Meninggal
istimewa

INILAH, Bandung- Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban meninggal dunia akibat gempa Lombok berkekuatan 7 SR sebanyak 91 orang pada 5 Agustus 2018 lalu.

"Ini data sementara, pendataan masih terus dilakukan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan pers di Jakarta saat itu.

Dari data tersebut, wilayah yang paling parah terdampak gempa adalah Lombok Utara. Tercatat ada 72 orang meninggal dunia di wilayah ini, sementara korban luka-luka 64 orang..

Sementara itu, di Lombok Tengah 2 orang meninggal dunia, Lombok Barat 9 orang, Mataram 4 orang, dan di Bali 2 orang. Sementara korban luka tercatat sebanyak 209 orang.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka yang mendalam atas terjadinya gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jokowi memastikan penanganan korban akibat gempa Lombok berjalan dengan baik.‎

Jokowi menyatakan, dirinya telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidan Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto  saat itu untuk berkoordinasi dengan seluruh jajaran guna menangani korban gempa Lombok.