Pasca AKB, Tidak Ada Lockdown Lagi di Jabar

Pasca AKB, Tidak Ada Lockdown Lagi di Jabar
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), di Jawa Barat tidak akan ada lagi lockdown lanjutan. Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melakukan rapat dengan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 tingkat Cirebon, Rabu (5/8/2020).

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memakai masker dalam setiap aktivitas. Selain itu, aparat pun diminta rutin menggelar razia masker.

"Langkah lokcdown justru bidang ekonomi jadi korban. Sosial masyarakat juga pasti ikut stres. Nah, justru dengan disiplin menggunakan masker dapat menurunkan penularan Covid-19. Bidang ekonomi dan sosial masyarakat bisa tetap jalan," kata Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil itu pun berpesan agar Kota/Kabupaten Cirebon terus menggelar razia masker.

"Sanksi saat razia masker bukan semata-mata buat mencari uang. Ini lebih pada bagaimana membuat disiplin masyarakat. Jangan sampai Covid-19 terus menular. Nanti masyarakat sendiri yang rugi," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengaku siap menjalankan instruksi pemegang otoritas terkait gencarnya razia masker. Untuk itu, pihaknya akan segera melaksanakannya di Kota Cirebon.

"Kami segera akan melaksanakan razia masker. Ini akan  dilakukan tim gugus tugas percepatan dan penanganan covid-19 tingkat kota secara berskala, "ujarnya. (Maman Suharman)